SEA Games 2019 Kacau, Warga Filipina Tawarkan Bantuan untuk Atlet

Selasa, 26 November 2019 09:20 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wikipedia
Sejumlah kekacauan terkait akomodasi para atlet terjadi di SEA Games 2019 Filipina. Copyright: © Wikipedia
Sejumlah kekacauan terkait akomodasi para atlet terjadi di SEA Games 2019 Filipina.

INDOSPORT.COM – Kacaunya penyelenggaraan SEA Games 2019 tak hanya mendapat sorotan dari media internasional. Akibat persiapan yang buruk, warga negara Filipina pun sampai menawarkan diri untuk membantu akomodasi para atlet yang berlaga di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Tawaran bantuan untuk para atlet SEA Games 2019 itu disampaikan oleh pemilik akun Twitter @saysolarts. Dalam cuitannya yang ditulis pada Senin (25/11/19), ia menyampaikan bahwa salah satu kerabatnya menawarkan bantuan tempat tinggal dan makanan pada para atlet.

“Saya sangat kecewa dengan persiapan SEA Games. Kebanggaan pribadi saya berada di bawah kebanggaan negara saya. Jika ada pertandingan olahraga di dekat Katipunan atau QC (Quezon City) dan masih ada atlet yang membutuhkan akomodasi, saya menawarkan rumah saya lengkap dengan makanan dan trnasportasi ke arena pertandingan."

“Keluarga saya bisa menampung dua hingga empat orang. Bagi saya, ini adalah kebanggaan bisa berbuat sesuatu untuk negara saya. Saya harap semua orang bisa bergerak dan memberi bantuan dengan baik. Selanjutnya, mari menyalahkan penyelenggara yang tidak bertanggung jawab,” tulisnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah kekacauan memang mewarnai penyelenggaraan SEA Games 2019. Salah satu kejadian buruk dialami oleh tim sepak bola Timor Leste, Kamboja, dan Myanmar.

Rombongan tim sempat tertahan lebih dari 10 jam karena tidak mendapat penjemputan dari Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC). Kejadian buruk itu bahkan sampai membuat pelatih Timnas Timor Leste kesal.

Buruknya persiapan SEA Games 2019 juga dialami oleh Timnas Thailand yang akan menghadapi Timnas Indonesia U-23 pada pertandingan pembuka Grup B cabang olahraga sepak bola, Selasa (26/11/19).

Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, sempat dibuat kecewa menjelang tampil di SEA Games 2019 karena persiapan mereka diganggu oleh kemacetan jalanan Filipina.

1