Profil Negara SEA Games 2019: Timor Leste

Kamis, 28 November 2019 11:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Indosport.com
Profil Negara SEA Games 2019: Timor Leste. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Profil Negara SEA Games 2019: Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Berikut profil salah satu negara peserta SEA Games 2019, Timor Leste. Peserta termuda yang terus berusaha memperbaiki prestasi.

Pesta olahraga terbesar antarnegara di Asia Tenggara, SEA Games akan bergulir mulai 30 November hingga 11 Desember 2019 di Filipina.

Dalam gelaran SEA Games yang ketiga puluh itu, 11 negara dipastikan akan turut serta. Di mana salah satunya adalah Timor Leste.

Sebagai negara paling muda di kawasan Asia Tenggara, Timor Leste juga jadi yang paling akhir ikut serta dalam gelaran SEA Games. Tercatat baru pada SEAa Games 2005 di Filipina, Timor Leste turut ambil bagian.

Sempat tak ikut serta di SEA Games 2007, Timor Leste tak pernah lagi absen setelahnya, termasuk di SEA Games 2019 ini yang akan kembali berlangsung di Filipina.

Sebagai salah satu negara terkecil di Asia Tenggara, Timor Leste masih belum mampu mengirimkan banyak atletnya ke SEA Games 2019.

Secara total, hanya ada 48 atlet yang dikirmkan Timor Leste tahun ini, yang tersebar dalam 10 cabang olahraga. Jumlah itu juga merupakan yang paling kecil dibandingkan kontingen negara lain yng ambil bagian di SEA Games 2019.

Dengan jumlah atlet yang relatif sedikit itu, Timor Leste akan berjibaku untuk memperbaiki catatannya sebagai negara Asia Tenggara yang paling sedikit memperoleh medali dalam gelaran SEA Games. Dengan catatan total 29 medali, yang tersebar dalam tiga emas, lima perak dan 21 perunggu.

Cabang Olahraga Unggulan: Taekwondo

Sejak keikutsertaan pertamanya di SEA Games, cabang olahraga Taekwondo selalu menjadi andalan Timor Leste untuk dapat meraih medali.

Di SEA Games terakhir tahun 2017, Taekwondo menjadi satu-satunya cabang olahraga yang bisa menyumbangkan medali buat Timor Leste. Dalam total tiga medali perunggu.

Di SEA Games 2019 ini, upaya Timor Leste untuk menyumbang medali lewat cabang Taekwondo terlihat dari cukup banyaknya atlet yang dikirmnya dalam cabang olahraga asal Korea Selatan itu. Total lima atlet Taekwondo dikirim, yang dua di antaranya merupakan atlet wanita.

Atlet Unggulan: Santos Rosa Luisa

Mengandalkan cabang olahraga Taekwondo untuk meraih medali, Timor Leste akan berharap besar pada sosok wanita 27 tahun, Santos Rosa Luisa.

Dengan pengalamannya bertanding di Asian Games 2010 dan 2014, Kejuaraan Dunia 2015 hingga Kualifikasi Olimpiade 2016, Santos Rosa Luisa tentu bukan atlet Taekwondo sembarangan yang bisa dianggap remeh para pesaingnya di Asia Tenggara.

Selain itu, turun di nomer 46 kg wanita, Santos Rosa Luisa juga punya catatan gemilang sebagai peraih medali perak di SEA Games 2015. Dengan modal tersebut, bukan tak mungkin hasil yang lebih baik bisa diciptakannya untuk negara tumpah darahnya Timor Leste di SEA Games 2019.