Cabor Unik di SEA Games 2019: Dancesport

Sabtu, 30 November 2019 18:43 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© thirteen.org
Cabang Olahraga Dancesport di SEA Games 2019. Copyright: © thirteen.org
Cabang Olahraga Dancesport di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Dancesport merupakan salah satu cabang olahraga unik yang akan dipertandingkan di SEA Games 2019 di Filipina. Cabor ini kembali diadakan setelah terakhir kali ada di SEA Games 2007.

Seperti dikutip dari laman resmi SEA Games 2019, kejuaraan Dancesport pertama kali diadakan pada tahun 1909 dan bersifat tidak resmi. Perlombaanya pun baru disiarkan di TV pada  tahun 1960.

Bahkan World DanceSport Federation (WDSF), baru mendapat pengakuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai cabang olahraga yang sah pada 5 September 1997.

Dancesport merupakan olahraga tim yang menampilkan penari pria dan wanita sebagai satu, dua atau beberapa pasangan. Uniknya para penari baru akan mengetahui lagu pengiring sesaat sebelum lomba.

Di SEA Games 2019, lomba dancesport akan berlangsung di Royce Hotel, Mabalacat, Pampanga. Di lomba yang berlangsung pada 1 Desember ini, akan memperebutkan 13 medali emas.

Di kelas standar, terdapat beberapa macam nomor lomba yang akan dipertandingkan yakni Quickstep, Slow Foxtrot, Tango, Vienesse Waltz, Waltz, dan kombinasi lima tarian tersebut.

Sementara di kelas Latin America, juga terdapat enam tarian yang akan diperlombakan yakni Cha Cha Cha, Jive, Paso Doble, Rumba, Samba, dan kombinasi lima tarian tersebut.

Di kelas Breakdance, ada dua nomor yang dipertandingkan yakni putra dan putri. Namun.hingga batas pendaftaran hanya ada dua negara yang mendaftarkan timnas wanita mereka.