Dilarang Liput Pembukaan SEA Games 2019, Persatuan Jurnalis Filipina Lancarkan Protes

Sabtu, 30 November 2019 13:55 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
© Wikipedia
Persatuan Jurnalis Filipina melayangkan protes mereka terkait larangan untuk meliput pembukaan SEA Games 2019 di Filipina. Copyright: © Wikipedia
Persatuan Jurnalis Filipina melayangkan protes mereka terkait larangan untuk meliput pembukaan SEA Games 2019 di Filipina.

INDOSPORT.COM - Persatuan Jurnalis Filipina atau yang disebut The National Union of Journalists of the Philippines (NUJP) baru-baru ini melancarkan protes mereka terkait adanya larangan meliput pembukaan SEA Games 2019.

Hajatan multi-event se-Asia Tenggara atau yang disebut SEA Games baru resmi dibuka pada Sabtu (30/11/19). Namun, pihak penyelenggara melarang media untuk meliput momen tersebut akibat takut adanya pemberitaan negatif dari media.

Sebelumnya, santer diberitakan bahwa persiapan SEA Games 2019 di Filipina itu kurang matang, terbukti dari kacaunya konsumsi dan sarana akomodasi lain. Hal ini telah menyita perhatian publik dan membuat pihak panitia terganggu dengan berbagai pemberitaan tersebut.

Ternyata, baru-baru ini muncul informasi lain yang menyebutkan bahwa pihak penyelenggara meminta para media untuk tidak meliput upacara pembukaan SEA Games 2019. Oleh karena itu, Persatuan Jurnalis Filipina (NUJP) mengunggah protes melalui akun Twitter mereka.

© Twitter
Persatuan Jurnalis Filipina Protes Dilarang Meliput Pembukaan SEA Games 2019. Copyright: TwitterPersatuan Jurnalis Filipina Protes Dilarang Meliput Pembukaan SEA Games 2019.

"Persatuan Jurnalis Filipina bersama dengan kolega Photojournalists Center Filipina memohon larangan terkait meliput pembukaan SEA Games yang ke-30 ini untuk segera dicabut," tulis NUPJ melalui unggahan mereka di Twitter tersebut.

"Jika pihak penyelenggara SEA Games di Filipina khawatir dengan adanya pemberitaan negatif tentang hal itu, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah justru dengan menunjukkan kebenaran, bukan malah bersembunyi di balik layar," lanjut mereka.

"Membatasi masyarakat untuk menerima informasi SEA Games justru akan menambah rasa curiga. Hal ini akan terlihat seperti pengkhianatan dari semangat SEA Games itu sendiri dan juga para atlet yang mana mereka akan berjuang demi mengejar kejayaan di sana," pungkas NUJP.

Upacara pembukaan SEA Games 2019 sendiri akan berlangsung di Philippine Arena, Bulacan, pada Sabtu (30/11/19) pukul 18.00 WIB. Meski baru akan resmi dibuka hari ini, tapi beberapa cabang olahraga seperti polo air dan sepak bola sudah mulai bertanding.