Deretan Atlet Indonesia yang Bisa Meraih Medali Emas SEA Games dari Cabor Unik

Sabtu, 7 Desember 2019 23:22 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Beberapa atlet mampu mengharumkan nama Indoneisa di pentas SEA Games 2019 dengan raihan medali emas dari cabor unik, berikut diantaranya.

Gelaran SEA Games 2019 di Filipina yang sedang berlangsung saat ini, dihiasi dengan adannya beberapa cabor (cabang olah raga) unik, seperti Sambo, Duathlon hingga Dancesport.

Meski tak umum dan terkesan asing di telinga banyak masyarakat sepak bola Indonesia, sejumlah atlet tanah air justru bisa mengharumkan nama bangsa lewat cabor-cabor unik tersebut.

Sejumlah atlet Indonesia berhasil keluar sebagai juara dan mempersembahkan medali emas SEA Games 2019 lewat cabor-cabor tersebut.

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Sambo

Lewat cabor Sambo, setidaknya ada dua atlet Indonesia yang bisa mendapatkan dua medali emas. Yakni Fajar, yang turun di nomor 57 kg putra dan juga Ridha Ridwan yang turun di kelas 80 kg putri.

Keduannya mendapatkan medali emas setelah bisa mengalahkan lawan-lawannya di final yang berlangsung Jumat (06/12/19).

Sambo sendiri adalah merupakan sejenis olah raga beladiri atau combat sport yang pertama kali diperkenalkan di Uni Soviet pada tahun 1920-an. Gaya pertarungan Sambo ini, serupa dengan gulat, dimana gaya bantingan menjadi hal yang lumrah hadir dalam setiap pertandingan yang berlangsung.

Dancesport

Cabor unik selanjutnya yang berhasil dimanfaatkan atlet Indonesia untuk mendapatkan medali adalah Dancesport. Adalah Dwi Cindy Desyana yang berhasil membawa pulang medali emas untuk Indonesia lewat cabor Dancesport putri.

Cabor Dancesport sendiri merupakan olahraga yang lebih menyerupai Breakdance, yang identik dnegan kalangan musik hip hop. Di SEA Games, Dancesport sudah pernah dipertandingakan sebelumnya di Thaialand pada SEA Games 2007.

Sementara di SEA Games 2019 ini, ada total 13 medali emas yang bisa diperebutkan oleh sejumlah atlet dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Duathlon 

Tambahan medali emas Indonesia juga hadir dari cabor unik Duathlon lewat atlet putra Jauhari Johan. Johan menyumbangkan medali emas, Minggu (02/12/19) dalam pertandingan yang berlangsung di Subic Bay, Filipina.

Jauhari berhak atas medali emas SEA Games 2019 setelah menjadi yang pertama melintasi garis finis dalam balapan Duathlon selama satu jam 52 menit dan 51 detik di cabang olahraga yang merupakan kombinasi lomba lari dan balap sepeda itu.