Media Amerika Soroti Pujian Jokowi untuk Peselancar yang Selamatkan Atlet Indonesia di SEA Games

Selasa, 10 Desember 2019 17:26 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
© pia.gov.ph
Media Amerika Serikat, Fox Sport menyoroti pujian Presiden Joko Widodo untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang berjasa menyelamatkan nyawa atlet Indonesia, Arip Nurhidayat di SEA Games 2019. Copyright: © pia.gov.ph
Media Amerika Serikat, Fox Sport menyoroti pujian Presiden Joko Widodo untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang berjasa menyelamatkan nyawa atlet Indonesia, Arip Nurhidayat di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Media Amerika Serikat, Fox Sport menyoroti pujian Presiden Joko Widodo untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang berjasa menyelamatkan nyawa atlet Indonesia, Arip Nurhidayat di SEA Games 2019

Peristiwa heroik itu terjadi di babak ketiga nomor longboard open SEA Games 2019 di Kahuna, San Juan La Union, Jumat (06/12/19). Kala itu ombak memang tercatat sangat kuat dengan ketinggian sekitar sepuluh meter.

Akibatnya, papan selancar atlet Indonesia, Arip Nurhidayat, terlempar ke udara akibat terjangan ombak. Para penonton yang berada di tepi lautan langsung berbondong-bondong turun untuk menyelamatkannya.

Dalam waktu yang bersamaan, Casugay yang juga tengah tampil dan dinilai telah mempertunjukkan aksi yang berpotensi mendatangkan medali emas. Namun, setelah melihat hanyutnya Arip, ia memilih untuk berhenti dan menyelamatkannya.

Dengan sigap Casugay berhasil menyelamatkan Arip dan keduanya dibawa kembali ke pantai. Dalam foto yang beredar, Arip mengangkat tangan Roger sebagai tanda terima kasih telah menyelematkan nyawanya.

Pasca insiden Presiden Jokowi melalui akun Twitter dan Instagramnya memberi apresiasi kepada Roger Casugay yang telah menolong nyawa peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Presiden Jokowi dalam akun Instagram dan Twitternya. 

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," imbuhnya. 

Ungkapan Presiden Jokowi menjadi sorotan median Amerika Serikat, Fox Sport dalam sebuah artikel berjudul, 'SEA Games 2019: Indonesia President praises Philippines surfer Roger Casugay for act of sportsmanship'.