Papua Targetkan Semua Venue PON XX Rampung Juli 2020

Kamis, 12 Desember 2019 21:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sudjarwo/INDOSPORT
GOR Cenderawasih Jayapura yang tengah direnovasi untuk PON Papua 2020. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
GOR Cenderawasih Jayapura yang tengah direnovasi untuk PON Papua 2020.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) menegaskan jika semua Venue perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan rampung seutuhnya pada Juli 2020 mendatang.

Plt Kadisorda Papua, Alexander Kapisa merincikan jika pembangunan venue yang menggunakan dana APBD akan selesai secara keseluruhan pada Maret 2020.

"Kalau APBD itu untuk beberapa venue memang sudah selesai contoh yang 100 persen ini seperti GOR Cenderawasih, GOR Futsal, dan ada yang sedikit lompat tahun sampai di awal tahun 2020 itu ada softball, baseball, lapangan volley dan tenis. Tapi sesuai aturan itu adendum waktu pelaksanaannya saja," ujarnya kepada wartawan, Kamis (12/12/19).

"Makanya dari sisi pelaksanaan itu terlambat tapi dari sisi aturan itu konsekuensinya adendum waktu yang kita geser dan tidak ada masalah. Intinya nanti paling cepat selesai itu yang disepakati selesai pada Maret 2020," tambahnya.

Sementara itu, rampungnya semua venue PON XX di Papua akan menanti pembangunan venue yang menggunakan APBN, lantaran sejumlah venue yang menggunakan dana APBN masih menunggu Inpres baru.

Ditargetkan, Venue PON XX akan rampung seutuhnya dan telah siap untuk digunakan pada Juli 2020 mendatang. 

"Kalau APBN itu karena kontraknya multi year jadi selesainya itu pada Juli 2020. Jadi kalau APBN itu menggunakan dua inpres yakni inpres 10 tahun 2017 itu seperti Aquatic, Istora dan di Doyo Baru kontraknya memang berakhir Juli 2020 mendatang."

"Kemudian inpres baru yang sementara proses ini posisi terakhir sudah di atas meja Mensesneg dan tinggal di tunggu saja mungkin minggu depan sudah keluar untuk mengakomodir pembangunan venue sepatu roda, panahan dan dayung," jelasnya.

"Walaupun inpresnya belum turun namun kegiatan proyek sudah dilelang. Semua selesai 2020 nanti dan tidak terlambat dan kita tetap optimistis siap di gunakan tahun depan," pungkasnya.