Atlet Sumut Peraih Emas SEA Games 2019 Akan Diguyur Bonus Rp100 Juta?

Rabu, 18 Desember 2019 14:18 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Perhelatan multi event olahraga antar negara-negara Asia Tenggara, SEA Games 2019 Filipina, resmi berakhir beberapa waktu lalu.

Dalam ajang pesta olahraga dua tahunan ini, Indonesia finish di posisi empat klasemen akhir perolehan medali dengan total 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. Juara umum diraih tuan rumah Filipina disusul Vietnam di tempat kedua dan Thailand di posisi ketiga.

Dari torehan medali tim merah putih tersebut, sejumlah atlet Sumatera Utara (Sumut) turut mengharumkan nama Indonesia baik di nomor individu maupun nomor beregu. Total atlet Sumut menyumbangkan 4 emas, 6 perak dan 6 perunggu.

Atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, dikabarkan akan memberikan apresiasi berupa bonus kepada atlet-atlet berprestasi asal Sumut ini.

Hal itu dijelaskan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) KONI Sumut, John Ismadi Lubis. Ia menyebut seyogyanya apresiasi bonus tersebut diagendakan kemarin namun diundur karena Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ada kegiatan lain.

"Harusnya Senin kemarin, tapi Gubernur ada pertemuan di Jakarta, jadi kita tunda. Insya Allah mungkin sebelum berakhir tahun mereka dapat bonus dari Pemprov Sumut," kata John, Selasa (17/12/19).

Lebih lanjut John menjelaskan, untuk besaran bonus yang akan diterima tiap-tiap atlet dan pelatih tentu berbeda. Ia menyebut peraih medali emas di nomor individu diperkirakan mendapat bonus Rp100 juta.

Jika benar tentu angka ini meningkat dibandingkan sebelumnya. Sebab pada 2017 silam atlet Sumut Peraih Emas SEA Games diganjar bonus Rp50 juta dari Pemprov Sumut.

"(SEA Games) Tahun ini emas Rp 100 juta untuk perorangan. Lalu perak Rp50 juta dan perunggu Rp25 juta. Kita coba terapkan aturan itu," pungkasnya.