Dua Atlet Muda Atletik Sumut Dipanggil Pelatnas, untuk Apa?

Senin, 3 Februari 2020 15:41 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kabar gembira kembali datang dari dunia cabang olahraga atletik Sumatera Utara (Sumut). Dua atlet PPLP Sumut dipanggil oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) untuk mengikuti program Pelatnas di Jakarta.

Kedua atlet muda itu adalah pelari putri spesialisasi 400 meter, Nella Agustin dan atlet lari jarak menengah 800 meter, Halimatussakdiah.

Pemanggilan tersebut dalam rangka persiapan Indonesia sebelum berlaga di Southeast Asian Youth Athletics Championships (SEA Youth) 2020 di Jakarta, April mendatang.

Tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah kejuaraan atletik remaja se-Asia Tenggara ke-15 tersebut setelah terakhir kali pada 2011 lalu. Sedangkan pada tahun 2019 lalu ajang bagi para atlet muda tersebut digelar di Filipina.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian, mengaku bangga atlet Sumut kembali dipanggil untuk mengikuti pelatnas atletik. Ia berharap agar keduanya sunguh-sungguh berlatih mempersiapkan diri.

"Ini kita patut bersyukur karena dari PPLP Sumut ada dua atlet binaan kita. Tentu harapan kita mereka bisa berprestasi nantinya di tingkat nasional," ujar Baharuddin kepada awak media, Jumat (31/1/2020) kemarin.

Pria yang akrab disapa Bahar ini meminta agar kedua atlet Sumut ini memanfaatkan betul-betul kesempatan tersebut. Dia menegaskan bahwa kesempatan ini dapat menjadi peluang bagi keduanya bersaing di tingkat nasional. Apalagi keduanya merupakan aset Sumut untuk gelaran PON 2024 saat Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

"Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang diperoleh karena kita jarang sekali dapat kesempatan untuk mengikuti pelatnas. Dalam jangka panjang kita akan prioritaskan mereka sebagai atlet PON 2024," harapnya.

Lebih lanjut dari pemanggilan ke pelatnas ini, Bahar mengharapkan juga menjadi motivasi bagi para atlet PPLP lainnya di Sumut. Harapannya ke depan akan bisa lebih banyak lagi atlet pelajar Sumut yang dipanggil mengikuti pelatnas untuk even nasional maupun internasional.

"Ya pasti lah, ini pasti bisa memacu semangat para atlet atletik lainnya. Kita berharap mereka jadi contoh yang baik. Kalau dia punya talenta jadi atlet berprestasi profesional tentu mereka akan jadi contoh bagi yang lain," pungkasnya.