Diancam Virus Corona, Otoritas Britania Raya Tetap Lanjutkan Event Olahraga

Selasa, 10 Maret 2020 16:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marc Atkins/GettyImages
Di tengah ancaman virus Corona, kegiatan-kegiatan olahraga di Britania Raya diyakini tak lagi terdampak di masa depan. Copyright: © Marc Atkins/GettyImages
Di tengah ancaman virus Corona, kegiatan-kegiatan olahraga di Britania Raya diyakini tak lagi terdampak di masa depan.

INDOSPORT.COM - Menyebarnya wabah Virus Corona di Britania Raya mulai memengaruhi aspek olahraga, sehingga sejumlah kompetisi dan acara pun terkena dampak.

Pemerintah pun menyiasatinya dengan mempertimbangkan melakukan pembatasan penonton di acara olahraga, yakni maksimal 500 orang.

Pekan lalu Liga Inggris juga melakukan langkah preventif sementara waktu, yakni meniadakan tradisi jabat tangan antarpemain sebelum laga.

Beberapa klub juga menginstruksikan pemainnya untuk tidak melakukan sesi tanda tangan atau berswafoto dengan penggemar, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut karena kekhawatiran akan penyebaran virus Corona.

Namun dilansir dari laman BBC, baru-baru ini otoritas terkait telah melakukan pertemuan dan membuat keputusan bahwa tidak ada alasan untuk menunda acara olahraga yang akan datang.

Masyarakat diimbau jangan panik karena pemerintah sudah sangat serius dalam mengatasi wabah virus Corona setelah pertemuan darurat Komite Cobra.

Sebelumnya, badan-badan olahraga dan Department for Digital, Culture, Media and Sport (DCMS) melakukan rapat pada hari Senin dan mengatakan acara olahraga di Britania Raya tidak akan terpengaruh virus Corona dalam jangka waktu dekat.

Menurut informasi kini, ada empat orang telah meninggal di Britania Raya setelah tertular virus, dengan lebih dari 82 kasus baru.

Direktur Eksekutif Liga Inggris, Bill Bush, berkata bahwa tidak mungkin pertandingan dimainkan secara tertutup dan tidak mau mengomentari hal-hal yang bersifat spekulatif.

Berdasarkan saran ilmiah saat ini dari para ahli medis pemerintah, tidak ada alasan untuk menutup atau membatalkan acara olahraga sebagaimana keadaannya.

 Penulis: Andre Febriansyah