Liga Inggris

Larang Jabat Tangan, Liga Inggris Tawarkan Alternatif Aneh

Jumat, 6 Maret 2020 14:14 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
© Catherine Ivill/Getty Images
Liga Inggris mengumumkan perubahan dalam ritual pra-pertandingan untuk laga pekan ke-29 akhir pekan ini Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Liga Inggris mengumumkan perubahan dalam ritual pra-pertandingan untuk laga pekan ke-29 akhir pekan ini

INDOSPORT.COM - Panitia Liga Inggris mengumumkan perubahan dalam ritual pra-pertandingan untuk laga pekan ke-29 akhir pekan ini. Untuk mencegah penyebaran virus corona di Inggris, pihak liga melarang sesi jabat tangan antara kedua tim yang berlaga pada awal pertandingan.

Hingga kini di Inggris tercatat ada 115 kasus infeksi corona. Pada kamis (05/03/20) lalu, pemerintah Inggris juga telah mengumumkan korban meninggal dunia pertama terkait virus tersebut. Meski demikian, hingga kini belum ada pembatalan atau penundaan pertandingan di Liga Inggris.

Namun, setelah menggelar pertemuan dengan pemerintah, pengelola Liga Inggris mengambil sebuah keputusan.

“Jabat tangan fair play Liga Inggris antara pemain dan perangkat pertandingan ditiadakan mulai akhir pekan ini hingga ada pemberitahuan lebih lanjut, disebabkan oleh saran medis,” demikian pernyataan Liga Primer seperti dilansir Football London.

“Virus corona menyebar melalui percikan dari hidung dan mulut dan bisa ditularkan melalui jabat tangan.”

Klub-klub Liga Inggris yang akan bertanding akhir pekan ini tetap akan menjalani ritual pra-pertandingan seperti biasa, tetapi melewatkan sesi jabat tangan. Otoritas Liga Primer pun memberikan keputusan yang cukup aneh terkait hal tersebut.

“Ofisial pertandingan dan klub tetap akan menjalankan sisa aturan lama di awal setiap pertandingan,” lanjut Liga Primer. 

“Setelah memasuki lapangan pertandingan, kedua tim akan berbaris diiringi musik Liga Primer, kemudian pemain dari tim tuan rumah akan berjalan melewati tim tamu tanpa berjabat tangan dengan mereka.”

Sementara itu, sejumlah klub Liga Inggris pun telah mengambil sejumlah kebijakan terkait pencegahan penyebaran virus corona. Terbaru, Wolverhampton Wanderers melarang semua pemain dan stafnya untuk berjabat tangan, memberikan tanda tangan, dan menggelar pertemuan yang tidak perlu.

Pihak klub juga menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizers) di semua pintu masuk Stadion Molineux dan lapangan latihan, serta di semua meja makan dan kamar mandi yang tersedia di kedua tempat tersebut. Dua tim lain yaitu West Ham United dan Newcastle United juga telah menerapkan kebijakan yang sama.


Berikut Jadwal Lengkap Liga Inggris pekan ke-29 

Sabtu, 07/03/2020 
19.30 WIB Liverpool vs AFC Bournemouth 
22.00 WIB Arsenal vs West Ham United
22.00 WIB Crystal Palace vs Watford
22.00 WIB Sheffield United vs Norwich City 22.00 WIB Southampton vs Newcastle United
22.00 WIB Wolverhampton vs Brighton & Hove Albion 

Minggu, 08/03/2020 
00.30 WIB Burnley vs Tottenham Hotspur 
21.00 WIB Chelsea vs Everton 
23.30 WIB Manchester United vs Manchester City 

Selasa, 10/03/2020
03.00 WIB Leicester City vs Aston Villa