In-depth

Kisah Virus Corona yang Bisa Bikin Olimpiade Tokyo Sakit Hati Lagi

Rabu, 18 Maret 2020 16:33 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Kisah Virus Corona yang Bisa Bikin Olimpiade Tokyo Sakit Hati Lagi. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Kisah Virus Corona yang Bisa Bikin Olimpiade Tokyo Sakit Hati Lagi.

INDOSPORT.COM – Dampak yang ditimbulkan dari wabah virus corona begitu masif hingga bisa bikin Olimpiade Tokyo sakit hati lagi.

Berdasarkan data dari Worldometers, wabah virus corona telah menjangkiti banyak negara di dunia termasuk Indonesia dan Jepang. Sebagai informasi, Indonesia sendiri saat ini telah ditemukan kasus virus corona mencapai 227 dengan angka kematian berjumlah 19.

Khusus Jepang, tentu menjadi pertanyaan bagi seluruh pecinta olahraga, apakah Olimpiade Tokyo 2020 masih bisa digelar?

Sedianya, Olimpiade Tokyo akan dilangsungkan di Jepang pada 24 Juli hingga 9 Agustus, namun sekarang timbul kekhawatiran apakah masih bisa digelar di tengah serangan virus corona. Seperti yang kita tahu, Jepang sendiri telah ditemukan 882 kasus dengan angka kematian berjumlah 29.

Melihat fakta tersebut, sangat wajar bila banyak orang sangsi, apakah Jepang siap untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo Juli nanti. Tapi perdana menteri Jepang, Shinzo Abe baru-baru ini menyatakan bahwa Tokyo siap untuk Olimpiade.

“Kami akan mengatasi penyebaran infeksi virus corona dan menjadi tuan rumah Olimpiade tanpa ada masalah seperti yang telah direncanakan,” kata Abe seperti yang dinukil dari Independent pada Sabtu lalu.

Terlihat di sini kalau Jepang bakal berupaya keras Olimpiade tetap berjalan semestinya tanpa ada pembatalan seperti ajang-ajang lain seperti Euro 2020 dan Liga Champions. Jika menilik dari sisi sejarah, apa yang dilakukan Jepang dapat kita pahami.

Ternyata sebelumnya, Olimpiade Tokyo pernah dibatalkan sehingga kali ini Jepang tentu tak ingin hal itu terjadi yang membuat mereka sakit hati lagi.

Olimpiade Tokyo 1940

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Olimpiade musim panas sejak 1896, ternyata telah terjadi 3 kali pesta olahraga terbesar itu dibatalkan.

Salah satunya adalah Olimpiade Tokyo 1940 yang harus dibatalkan saat itu karena perang dunia kedua dan perang antara Jepang dengan China.

Sejatinya Olimpiade 1940 sudah dipindahkan dari Tokyo ke Helsinki, Finlandia, tapi tetap saja gagal terlaksana akibat perang dunia kedua terlanjur pecah. Sejatinya Olimpiade selama ini tidak pernah batal akibat masalah kesehatan.

Namun begitu sebenarnya Olimpiade 2016 di Brasil nyaris saja batal akibat serangan virus zika. Akan tetapi, pada akhirnya penyebaran virus zika saat itu mampu ditekan sehingga Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil masih bisa terlaksana secara normal.

© Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Kontroversial di Olimpiade Rio 2016 Copyright: Grafis: Muproni/INDOSPORT-InternetOlimpiade Rio 2016

Mungkin berkaca dari pengalaman Brasil yang membuat Shinzo Abe optimis Olimpiade Tokyo 2020 bakal tetap terlaksana di Jepang. Biar bagaimanapun, Jepang tak ingin sakit hati lagi melihat Olimpiade Tokyo batal digelar yang kali ini gara-gara wabah virus corona.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%