Kabar Duka, Mantan Juara Dunia Paralayang Asal Indonesia Meninggal Usai Kecelakaan

Jumat, 20 Maret 2020 13:40 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Pengkot Gantole Solo
Mantan juara dunia paralayang asal Indonesia, Marsma TNI dr. Elisa Samson Manueke di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta, Kamis (19/03/20) malam. Copyright: © Pengkot Gantole Solo
Mantan juara dunia paralayang asal Indonesia, Marsma TNI dr. Elisa Samson Manueke di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta, Kamis (19/03/20) malam.

INDOSPORT.COM - Kabar duka datang dari dunia olahraga Tanah Air. Mantan juara dunia paralayang asal Indonesia, Marsma TNI dr. Elisa Samson Manueke mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta, Kamis (19/03/20) malam.

Dari informasi yang diterima INDOSPORT, Elisa meninggal setelah mengalami musibah kecelakaan saat latihan terbang di kawasan Pantai Parangtritis, awal bulan ini. Setelah sempat dirawat selama dua pekan, atlet yang juga dokter spesialis mata itu menghembuskan napas terakhir.

"Semalam dr Elisa yang juga atlet paralayang Jawa Tengah telah meninggal di RS Sardjito Yogyakarta. Dua pekan lalu latihan di Parangtritis, namun kronologinya seperti apa saya kurang paham," kata pengurus Pengkot Paralayang Kota Solo, Dewanto Basuhendro kepada INDOSPORT melalui pesan whatsapp, Jumat (20/03/20).

Elisa selama ini terkenal sebagai 'pangeran' paralayang Indonesia. Berbagai prestasi di olahraga kedirgantaraan itu sudah diraihnya.

Seperti juara dunia kompetisi Paragliding Accuracy Word Cup (PGAWC) seri ke-4 di Slovenia, September 2017 silam. Dia jadi yang terbaik di nomor ketepatan mendarat. Lalu Elisa juga pernah meraih gelar Juara Dunia Akurasi Paralayang 2019.

Bahkan prestasi itu disebut-sebut menjadi tonggak sejarah paralayang Indonesia. Sebab, Elisa mampu mematahkan prestasi wakil-wakil dari Slovenia dan Serbia yang hingga saat ini masih jadi rajanya paralayang di dunia.

Jenazah sudah berada di rumah duka di kawasan Colomadu, Karanganyar. Almarhum Elisa akan dimakamkan hari ini juga.