Termasuk Pemegang Rekor Dunia, Atlet Panjang Tebing Jateng Tetap Latihan untuk PON 2020

Jumat, 10 April 2020 02:05 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Dok. FPTI Jateng
Aries Susanti (kaos biru) saat Pra PON Panjat Tebing di Surabaya. Copyright: © Dok. FPTI Jateng
Aries Susanti (kaos biru) saat Pra PON Panjat Tebing di Surabaya.

INDOSPORT.COM - Ketika banyak cabang olahraga lain meliburkan latihan karena pandemi virus corona, atlet panjang tebing Jawa Tengah yang dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 justru tetap beraktivitas.

Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Tengah tetap melakukan pelatda walaupun seluruh latihan bersifat tertutup.

Riza Kurniawan selaku ketua umum Pengprov FPTI Jateng mengungkapkan bahwa pihaknya tetap menggelar latihan dengan tetap melihat anjuran pemerintah.

“Kami punya mes dan venue sendiri sehingga bisa membatasi interaksi atlet dengan sesamanya saja,” tutur Riza Kurniawan kepada awak media.

Atlet panjang tebing Jateng selama ini menggelar latihan di kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Jatidiri yang terletak di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Selama latihan di tengah pandemi virus corona, para atlet dilarang keluar dari kompleks mes. Pengprov FPTI Jateng menilai karantina atlet di mes lebih efektif setelah melakukan diskusi yang cukup panjang dengan tim pelatih dan atlet.

“Latihannya juga sepi, Jatidiri saat ini hanya kami yang menggunakan. Atlet yang lain sudah pulang dan saya kira aman untuk mengkarantina anak-anak,” beber Riza Kurniawan.

Pengprov FPTI Jateng juga berharap PON 2020 yang rencananya digelar di akhir Oktober mendatang tidak ditunda karena pihaknya telah berusaha maksimal dalam mempersiapkan atlet menghadapi hajatan empat tahunan tersebut.

Di kontingen panjang tebing Jawa Tengah sendiri ada nama Aries Susanti yang memegang rekor dunia panjat tebing nomor speed world putri pada saat Piala Dunia Panjat Tebing di Xiamen, China, Oktober 2019.

Saat itu, Aries Susanti berhasil mencatatkan waktu 6,995 detik dan memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ling Song dari China.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%