Ada Pangeran Abdul Mateen, 3 Keturunan Sultan Hassanal Bolkiah yang Jadi Atlet

Sabtu, 11 April 2020 22:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Instagram/@tmski
Diketahui kalau 3 keturunan Sultan Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam juga menjadi seorang atlet, termasuk ada pengeran Abdul Mateen Bolkiah. Copyright: © Instagram/@tmski
Diketahui kalau 3 keturunan Sultan Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam juga menjadi seorang atlet, termasuk ada pengeran Abdul Mateen Bolkiah.

INDOSPORT.COM - Diketahui kalau 3 keturunan Sultan Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam juga menjadi seorang atlet, termasuk ada pengeran Abdul Mateen Bolkiah.

Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah merupakan Sultan ke-29 yang memimpin Brunei Darussalam (juga Perdana Menteri).

Sultan Hassanal Bolkiah diketahui sempat menikah dengan tiga wanita, yakni Raja Isteri Hajah Saleha, Pengiran Isteri Hajah Mariam (cerai), dan Azrinaz Mazhar Hakim (cerai).

Dari pernikahannya itu turut menghadirkan sejumlah anak laki-laki dan perempuan. Mereka saat ini telah tumbuh dewasa menjadi pewaris tahta.

Menariknya, sebagian dari keturunan Sultan Hassanal Bolkiah ternyata juga menjadi seorang atlet profesional yang kerap tampil di kancah olahraga internasional.

Termasuk salah satu anak laki-lakinya, yakni pangeran Abdul Mateen Bolkiah. Maka dari itu mari simak siapa saja keturunan Sultan Hassanal Bolkiah yang menjadi atlet.

1. Faiq Jefri Bolkiah

© Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Mantan pemain Chelsea U-21 Faiq Jefri Bolkiah. Copyright: Darren Walsh/Chelsea FC via Getty ImagesMantan pemain Chelsea U-21 Faiq Jefri Bolkiah.

Salah satu keturunan Sultan Hassanal Bolkiah, tepatnya seorang cucu, yakni Faiq Jefri Bolkiah diketahui juga menjadi seorang atlet profesional.

Faiq merupakan seorang pemain sepak bola yang tengah berkarier di Liga Inggris, tepatnya bersama klub Leicester City U-23. Faiq dikontrak sejak 2017 lalu. Sebelumnya pada 2014, Faiq sempat dikontrak oleh tim junior Chelsea.

Bahkan Faiq sempat tampil bersama Timnas Brunei Darussalam sejak 2016 lalu. Total, pemain kelahiran Los Angeles, Amerika Serikat itu sudah mencatatkan enam penampilan.

2. Fadzilah Lubabul Bolkiah

© bruneinews.worldtimes.news
Atlet Netball Brunei Darussalam Princess Fadzilah Lubabul Bolkiah (tengah). Copyright: bruneinews.worldtimes.newsAtlet Netball Brunei Darussalam Princess Fadzilah Lubabul Bolkiah (tengah).

Berikutnya ada putri Sultan Hassanal Bolkiah, yakni Fadzilah Lubabul Bolkiah yang juga diketahui menjadi seorang atlet Netball profesional.

Fadzilah turut mewakili Brunei Darussalam pada pentas multi-event SEA Games 2019 di Filipina. Wanita yang mendapat gelar Princess itu turut menyumbang medali Perunggu.

3. Abdul Mateen Bolkiah

© Mohd Rasfan/AFP via Getty Images
Atlet Polo Brunei Darussalam Pangeran Abdul Mateen Bolkiah (kuning-kanan). Copyright: Mohd Rasfan/AFP via Getty ImagesAtlet Polo Brunei Darussalam Pangeran Abdul Mateen Bolkiah (kuning-kanan).

Terakhir ada putra Sultan Hassanal Bolkiah, yaitu Abdul Mateen Bolkiah yang ternyata merupakan seorang atlet (olahraga) Polo profesional.

Pada SEA Games 2019 di Filipina lalu, Abdul tampil bersama tim Polo Brunei Darussalam. Abdul mampu menyabet medali perunggu kala itu.

Kemudian Abdul juga tampil di SEA Games 2017 dan menyumbang medali perunggu untuk Brunei Darussalam. Itulah tiga keturunan Sultan Hassanal Bolkiah merupakan seorang atlet.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%