5 Atlet Muslim Wanita Paling Terkenal Sepanjang Masa

Minggu, 3 Mei 2020 10:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Berprestasi serta menginspirasi, para atlet wanita muslim di dunia ini begitu terkenal di negaranya dan dunia. Copyright: © Getty Images
Berprestasi serta menginspirasi, para atlet wanita muslim di dunia ini begitu terkenal di negaranya dan dunia.

INDOSPORT.COM - Berprestasi serta menginspirasi, para atlet wanita muslim di dunia ini begitu terkenal di negaranya dan dunia.  

Nama Mohamed Salah mungkin sudah sangat akrab di telinga pecinta olahraga dunia. Kehebatan pesepak bola asal klub Liverpool itu semakin masyur berkat latar belakangnya yang beragama Islam. 

Pemain muslim di sepak bola Eropa memang cukup bersinar dalam satu dekade terakhir ini. Mereka seakan tak lagi jadi minoritas. 

Hal yang sama juga bisa kita temukan pada olahragawan wanita beragama muslim. Meski keberadaannya kurang populer dibanding atlet muslim pria, namun para wanita muslim ini sanggup berprestasi menonjol di bidang olahraga.

Berikut ini kami pilihkan lima atlet muslim wanita terhebat sepanjang masa di dunia. 

1. Kiran Khan

Kiran Khan terkenal sebagai perenang muslim berprestasi dari Pakistan. Sebagai bukti, Kiran Khan merupakan satu-satunya perenang wanita yang jadi andalan Pakistan di turnamen internasioanl bergengsi dunia. 
Sejumlah kejuaraan terkenal yang pernah diikuti Kiran Khan antara lain Olimpiade Beijing 2008, Commonwealth Games, serta Asian Games. 

2. Laila Ali

Laila Ali merupakan petinju wanita profesional wanita dari Amerika Serikat. Kehebatannya menurun dari sang ayah yang merupakan legenda tinju dunia, Muhammad Ali. 

Laila Ali adalah petinju wanita paling sukses di dunia. Ia memutuskan pensiun dengan rekor tak terkalahkan 24-0. Sepanjang kariernya, Laila Ali sudah merengkuh tiga kali gelar juara dunia.  

3. Ibtihaj Muhammad

Dari cabang anggar, ada seorang atlet muslim wanita populer bernama Ibtuhaj Muhammad. Abtuhaj bukan atlet dari negara arab, melainkan Amerika Serikat. 

Untuk pertama kalinya, ia menjadi atlet muslim berhijab pertama yang tampil dalam iring-iringan parade Olimpiade dari Amerika Serikat. Ibtihaj tergabung ke dalam atlet Olimpiade cabor anggar. 

4. Maedeh Borhani 

Negara-negara Timur Tengah dikenal kuat dalam olahraga voli, terutama nomor wanita. Salah satu yang atlet terbaik di cabang ini adalah Maedeh Borhani. 

Maedeh Borhani adalah pevoli asal negara Iran. Hal ini sedikit spesial karena di sebagian negara Arab, wanita memang cenderung tidak bisa beraktivitas bebas seperti di negara lain. 

Kehebatan Maedeh Borhani sampai membuat presiden Iran, Hassan Raouhani, mengizinkannya berkarier di cabang voli alih-alih menjadi ibu rumah tangga. Maedeh tercatat sudah bertanding di benua Eropa. 

5. Kariman Abuljadayel

Nama Kariman Abuljadayel pernah menjadi sensasi di negara Arab Saudi. Kariman berhasil menjadi atlet wanita berhijab pertama dari Arab Saudi yang berpartisipasi pada cabor sprinter 100 meter di ajang Olimpiade 2016.

Meski tidak meraih medali, namun Kariman mencuri perhatian dunia dengan usahanya mencapai garis finis dalam waktu 14,61 detik.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%