The Anoa'i Family, Penduduk Samoa yang Rajai Panggung SmackDown

Selasa, 12 Mei 2020 12:30 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dailyhunt
The Anoa'i Family, Penduduk Samoa yang Rajai Panggung SmackDown Copyright: © Dailyhunt
The Anoa'i Family, Penduduk Samoa yang Rajai Panggung SmackDown

INDOSPORT.COM - Mengenal The Anoa'i Family, salah satu penduduk asli Samoa yang merajai panggung gulat bebas SmackDown dalam beberapa dekade terakhir.

Dunia gulat bebas sendiri memang cukup menjamur di Amerika Serikat serta beberapa negara Amerika Latin lain. Salah satu program paling populer dan eksis dalam penayangan hiburan berbentuk olahraga tersebut adalah WWE.

Selain WWE, masih ada beberapa program yang menampilkan acara serupa seperti All Elite Wrestling (AEW) milik Shahid Khan ataupun Lucha Underground yang menjadi unggulan di Meksiko.

Meski banyak pesaing, namun WWE dengan dua acara unggulannya SmackDown dan RAW berhasil mendominasi dan mampu bertahan sejak 1950 silam.

Sepanjang 67 tahun berdirinya WWE, program yang dimiliki keluarga McMahon ini kerap melahirkan sejumlah nama besar pegulat dunia, dan bahkan tidak jarang mereka banting stir ke dunia film lantaran ketenaran yang dimiliki.

Dari sekian banyak pegulat seperti Batista, The Rock, Stone Cold Steve Austin hingga Triple H, terdapat satu catatan menarik yang menghiasi perjalanan WWE, yakni dominasi keluarga The Anoa'i yang selalu melahirkan pegulat tangguh.

Anoa'i sendiri merupakan salah satu keluarga besar yang berasal dari American Samoa, sebuah negara kecil di wilayah selatan Samudra Pasifik.

Sepanjang sejarah, keluarga Anoa'i memang kerap menjadi ujung tombak dalam bisnis WWE bahkan hingga kini mereka masih terus melahirkan generasinya ke dunia gulat bebas.

Awal mula kedekatan Anoa'i dan SmacDown terjadi saat Fanene Leifi Pita Maivia masuk sebagai pegulat WWE pada tahun 1962. Sejak saat itu darah Anoa'i terus mengalir di WWE melalui anak cucunya yang juga terjun sebagai pegulat.

Sebagai informasi, marga Maivia memiliki hubungan saudara dengan Anoa'i dan masih berada dalam satu keluarga besar Anoa'i. Dua marga tersebutlah yang hingga kini melahirkan para pegulat WWE tangguh.

Setelah era Fanene Leifi Pita Maivia berakhir, beberapa pegulat lain dari dua marga tersebut muncul. Mavia melahirkan Rocky Johnson, sementara Anoa'i memunculkan Afa dan Sika yang membuat tag team bernama The Wild Samoans.

Ketiga pegulat tersebut (Rocky, Afa dan Sika) berhasil merajai panggung WWF, terbukti sejumlah gelar berhasil mereka menangkan, mulai dari WWF Tag Team Championship hingga terpilih masuk dalam WWE Hall of Fame.

Puncak kejayaan keluarga Anoa'i mulai terlihat usai berakhirnya masa keemasan Rocky dan The Wild Samoans, di mana kedua marga tersebut banyak melahirkan pegulat dunia.

Di mulai dari Maivia yang menurunkan bakat gulatnya kepada Dwayne Johnson, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung The Rock. Sedangkan Anoa'i mengorbitkan Yokozuna, Rosey, Umaga hingga Rikishi.

Keempat pegulat tersebut sangat populer di WWE pada The Attitude Era, terutama The Rock yang kini telah banting stir menjadi aktor Hollywood. Sehingga jika ditarik garis lurus, The Rock merupakan sepupu dari Rikishi dan juga Umaga di kehidupan asli.

Keluarga Anoa'i masih melanjutkan keturunan mereka di ajang WWE sampai saat ini, teranyar ada Roman Reigns yang merupakan anak Sika Anoa'i, serta kembar bersaudara Jimmy dan Jey Uso (anak Rikishi) yang kerap muncul di panggung SmackDown ataupun RAW.

Selain itu masih ada juga beberapa nama tenar yang berada dalam satu ikatan keluarga besar Anoa'i, seperti Nia Jax (sepupu The Rock), dan Samu dan Manu Afa Anoa'i (paman Roman Reigns).

2