The Great Khali, Raksasa Asal India Juara Kelas Berat WWE Smackdown

Kamis, 7 Mei 2020 20:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT,COM – Dengan tubuh raksasa yang dimilikinya, pegulat asal India The Great Khali sukses menjadi juara kelas berat WWE Smackdown.

Tahun 2006 silam, ajang gulat WWE (World Wrestling Entertaiment) diramaikan dengan kehadiran sosok bak raksasa dengan tinggi mencapai 216cm, bernama The Great Khali.

Dengan penampilan tinggi besar yang mencolok itu, The Great Khali semakin menjadi sorotan, setelah hanya dalam tempo satu tahun, dirinya langsung bisa mengondol gelar juara kelas berat WWE.

Siapa The Great Khali

The Great Khali jelas bukan nama sebenarnya, sebab pria kelahiran India 27 Agustus 1972 itu meiliki nama asli Dalip Singh Rana.

Dalip Singh Rana sendiri terlahir dari keluarga miskin di desa Dhiraina, Himachal Pradesh, India. Anak ketujuh dari pasangan Jwala Ram dan Tandi Devi itu terlahir dengan gangguan akromegali, yang antara lain menyebabkan gigantisme atau tumbuh dengan ukuran tubuh besar di luar kewajaran dan juga penonjolan dagu.

Namun ukuran tubuh Dali tersebut justru menjadi berkah tersendiri. Sebab dirinya kemudian dipercaya menjadi penjaga keamanan di Shimla. Sampai akhirnya ada seorang polisi yang tertarik dengan kondisi fisiknya. Membuat Dalip kemudian diminta menjadi polisi, sekaligus diliatih menjadi pegulat profesional.

Sempat dikirim mengikuti pelatihan di Amerika Serikat. Nasib kemudian membawa Dalip ke ajang gulat bertajuk All Pro Wrestling pada tahun 2000 di Negeri Paman Sam itu.

Debut pada Oktober 2000 ketika bekerja sama dengan Tony Jones melawan West Side Playaz, Dalip memperkenalkan dirinya di ajang tersebut dengan nama panggung Giant Singh.

Di tahun 2001, Giant Sigh juga sempat bergabung ke ajang gulat World Championship Wrestling (WCW) selama sekitar delapan bulan, sampai WCW kemudian dibeli oleh ajang gulat saingan mereka, World Wrestling Federation (WWF).

Alih-alih bergabung ke WWF, perubahan tersebut justru membuat Giant Singh kembali ke Asia. Berjibaku di ajang gulat di Jepang, New Japan Pro-Wrestling (NJPW). Di Negeri Sakura itu, Giant Sigh tergabung satu tim bersama Masahiro Chono dan Giant Silva. Dalam sebuah tim yang dikenal sebagai tim tag tertinggi dalam sejarah gulat profesional dengan tinggi rata-rata 7 kaki 2½ inci dan berat gabungan 805 pound.

Dari New Japan Pro-Wrestling (NJPW), Giant Singh bertahan cukup lama di Jepang, kala dirinya kemudian promosi ke ajang gulat Jepang All Japan Pro Wrestling (AJPW) dari 2002 hingga 2006. Atau ketika ia menandatangani kontrak dengan WWE.

WWE Smackdown

Hijrahnya Dalip Singh Rana ke WWE semakin namanya naik daun. Sempat turun di ajang Deep South Wrestling dengan menggunakan nama asli. Dirinya kemudia menjalani debut di ajang paling terkena, Smackdown pada episode ke-7 di Bulan April ketika dirinya datang menyerang Undertaker hingga jatuh tak berdaya di luar ring.

Seminggu berselang akhirnya Dalip tampil di hadapan public dnegan nama The Gret Khali. Pegulat yang ditugaskan untuk mengalahkan Undertaker.

Sejak saat itulah kemudian pertarungan sengit antara The Great Khali dan undertaker terjadi. Sampai akhirnya dirinya dipindahkan ajang gulat lain dibawah naungan WWE, yakni ECW dan RAW.

Puncak karier The Great Khali sendiri terjadi di tahun 2007, ketika dirinya kembali dipercaya tampil di arena Smackdown. Yakni ketika dalam pertarungan kelas berat dunia Samckdown yang diikuti 20 pegulat, The Great Khali menggila, keluar sebagai yang terbaik dan berhak atas gelar juara pada tanggal 20 Juli 2007.

Khali sempat meninggalkan WWE saat kontarknya habis di tahun 2014 dan kembali ke Punjab, India untuk mendirikan Continental Wrestling Entertainment, yang masih ada hingga kini.

Kendati demikian, The Great Khali yang telah berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat sejak 2014 itu masih sering berada di Negeri Paman Sam. Ssebab dirinya banyak disibukan dengan terlibat sebagai aktor di berbagai film layar lebar. Dimana setidaknya da lima judul film yang telah dibintanginya. Ditambah juga tiga acara televisi.