Pemprov Papua Akan Bentuk UPT untuk Mengelola Venue PON XX

Jumat, 19 Juni 2020 16:40 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Hoki Indoor untuk PON XX Papua yang pembangunannya sudah rampung. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Hoki Indoor untuk PON XX Papua yang pembangunannya sudah rampung.

INDOSPORT.COM - Kepala Badan Perencanaan Keuangan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Yohanis Walilo mengatakan jika Pemerintah Provinsi Papua akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk mengelola dan mengurus venue-venue yang akan digunakan pada PON XX tahun 2021 mendatang.

Meski PON XX masih tersisa setahun lagi, namun Walilo menegaskan jika Pemerintah Provinsi Papua akan merekrut tenaga-tenaga berkompeten melalui Dinas Olahraga dan Pemuda sebelum PON XX dihelat agar venue-venue yang sudah dibangun tetap terawat.

"Kita datang melihat langsung venue-venue yang ada, karena ada hubungannya dengan pemeliharaan yang kita rencanakan, karena jangan sampai sebelum pelaksanaannya sudah rusak," ujar Walilo kepada wartawan olahraga termasuk INDOSPORT, Jumat (19/06/20).

Walilo mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua tak mau lengah mengurusi venue-venue modern yang sudah dan akan berdiri megah di empat klaster yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke.

"Setelah perhelatan PON juga nantinya setiap venue harus dikelola oleh orang yang benar-benar paham, nanti dari unit teknis dinas olahraga akan merekrut orang-orang yang mengurusi ini mulai dari sekarang," jelasnya. 

"Jadi, setelah pelaksanaan PON nantinya sudah ada orang-orang ini untuk mengelola seluruh fasilitas yang kita punya," pungkasnya.

Sebagai tuan rumah PON XX, Provinsi Papua benar-benar berupaya memenuhi segala kebutuhan yang menyangkut persiapan penyelenggaraan.

Sejumlah venue bahkan sudah rampung dan hanya tinggal menyisakan tahap sertifikasi dari federasi cabang olahraga.