Sudah Rampung, Venue Kriket PON XX Papua Tinggal Tunggu Sertifikasi

Kamis, 18 Juni 2020 12:51 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pembangunan venue cabang olahraga kriket untuk PON XX kini menunggu sertifikasi. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pembangunan venue cabang olahraga kriket untuk PON XX kini menunggu sertifikasi.

INDOSPORT.COM - Pembangunan venue cabang olahraga kriket untuk PON XX yang lokasinya bersebelahan dengan venue hoki indoor dan outdoor di kampung Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, sudah memasuki progres 99,41 persen. 

Venue yang akan digunakan di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020 mendatang itu hanya tinggal menyisakan pengerjaan tahap akhir dan proses sertifikasi.

Hanya saja, sertifikasi belum bisa dilakukan lantaran pandemi virus corona Covid-19 di Provinsi Papua belum berakhir. 

Eko Prasetyo, PPK Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP), kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (18/06/20), menyampaikan progres pembangunan dan sertifikasi yang tengah berlangsung.

"Kalau secara venue kriket, kita sudah hampir selesai, tinggal terkait dengan sertifikasi karena ada beberapa pekerjaan yang harus disertifikasi, begitu juga dengan lapangan hoki yang di outdoor itu harus disertifikasi juga," ujarnya.

"Nah, untuk mendatangkan tenaga sertifikatornya itu kita masih terkendala karena kebijakan penutupan akses transportasi, wabah Covid-19 ini bikin jadi pengiriman material yang belum dan tenaga yang belum hadir itu terkendala," tambahnya.

Venue kriket untuk PON XX Papua sendiri memiliki daya tampung hingga sebanyak 1.000-an penonton dan dilengkapi dengan penerangan stadion berkapasitas 1.000 lux. Venue ini juga sudah ramah disabilitas.

Venue yang dibangun sepaket dengan venue hoki indoor dan outdoor ini dibangun menggunakan APBN oleh Kementerian PUPR dengan menelan anggaran sekitar Rp270 miliar.