Tak Terganggu Corona, Kesiapan Venue PON XX Sangat Memuaskan

Sabtu, 13 Juni 2020 15:29 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kesiapan sejumlah venue yang diperuntukkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah sangat memuaskan, meskipun di tengah pandemi virus corona. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kesiapan sejumlah venue yang diperuntukkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah sangat memuaskan, meskipun di tengah pandemi virus corona.

INDOSPORT.COM - Kesiapan sejumlah venue yang diperuntukkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah sangat memuaskan, meskipun di tengah pandemi virus corona.

Saat ditinjau langsung oleh sejumlah pimpinan SKPD teknis terkait, progres pembangunan beberapa venue mendapatkan pujian.

Sejumlah venue yang dikunjungi yakni Wisma Atlet Stadion Mandala, Aquatic, Istora, Lapangan Hoki dan Kriket, Lapangan Menembak, Softball dan GOR STT Gidi.

"Intinya kami ingin melihat semua progresnya untuk memberikan informasi yang utuh terkait bagaimana kesiapan kita dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah PON.

"Artinya meskipun PON ditunda tapi kita ingin terus menyiapkan diri lebih baik lagi, sehingga nantinya pelaksanaan PON bisa lebih optimal," ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa'ad kepada wartawan di Jayapura termasuk INDOSPORT, Jumat (12/06/20).

Kata Musa'ad, meskipun dalam situasi pandemi virus corona, namun Provinsi Papua tetap ingin menunjukkan bahwa kinerja pihaknya tidak berhenti, terus bekerja dan tidak panik.

"Kita lihat venue-venuenya luar biasa, seperti aquatic, berdasarkan informasi dari rekan-rekan yang mengerjakan proyek ini bahwa aquatic menjadi yang terbaik, sama dengan Istora, tetapi konstruksinya lebih bagus yang ini. Ini menjadi satu kebanggaan bagi Papua bahwa kita punya fasilitas olahraga yang luar biasa," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Keuangan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Yohanis Walilo mengatakan, kunjungan pihaknya ke sejumlah venue juga untuk melihat langsung kekurangan apa yang masih perlu dibenahi.

"Kita memastikan agar di masa penundaan kita punya waktu yang cukup untuk benahi sebaik mungkin, supaya pas pelaksanaan bisa digunakan dengan baik semuanya," jelasnya.

Sementara, dengan progres yang signifikan dari sejumlah venue tersebut, Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Alexander Kapisa kian optimistis jika Papua telah sangat siap untuk menggelar pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

"Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa inilah kinerja pemerintah Papua yang sudah berjuang sekuat tenaga menggenjot kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah PON XX, sehingga jangan lagi ada keraguan," pungkas Alex.

Delapan venue yang dikunjungi tersebut rata-rata sudah menunjukkan progres diatas 90 persen. Proses pengerjaannya pun lebih cepat dari yang ditargetkan.