Istora Papua Bangkit Bakal Cetak Rekor Baru

Senin, 15 Juni 2020 19:09 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Istana olahraga (Istora) Papua Bangkit yang menjadi salah satu venue PON 2020 bakal mencetak rekor baru. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Istana olahraga (Istora) Papua Bangkit yang menjadi salah satu venue PON 2020 bakal mencetak rekor baru.

INDOSPORT.COM - Istana olahraga (Istora) Papua Bangkit yang menjadi salah satu venue dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang, bakal mencetak rekor baru.

Hal ini menyusul didaftarkannya Istora Papua Bangkit di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memiliki bentang baja terpanjang pada struktur atapnya.

"Kita daftarkan bentang dome-nya yang merupakan struktur baja dengan bentang sepanjang 80 meter, dan itu kami sampaikan ke MURI dan dari segi itu belum pernah didaftarkan."

"Itu akan menjadi ciri khas khusus bahwasanya di Papua ada bangunan semegah ini dengan struktur baja," ujar Faris Haqqul Anwar selaku Staf Teknik PT PP kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (15/06/20).

Kata Faris, setelah pandemi virus corona mereda dan dibukanya akses transportasi udara dan laut di Provinsi Papua, perwakilan MURI akan tiba di Jayapura untuk memberikan penilaian.

"Sudah kita daftarkan di MURI, nantinya setelah proses bangunan selesai dan pandemi virus corona mereda, mereka dari MURI akan hadir di sini," jelasnya.

Istora Papua Bangkit sendiri dibangun di atas lahan seluas 33.016 meter persegi dengan luas bangunan 7.740 meter persegi.

Meski hanya memiliki 3.674 kursi, namun kapasitas Istora Papua Bangkit bisa menampung hingga 7.000 - 8.000 orang. Selain akan digunakan untuk menggelar pertandingan cabang olahraga senam dan bulutangkis, Istora juga bisa menjadi gedung multifungsi.