Keunggulan Istora Papua Bangkit Lampaui GBK

Sabtu, 13 Juni 2020 14:44 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sudjarwo/INDOSPORT
Istora Papua Bangkit yang sudah memasuki tahap pengerjaan 90,7 persen. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Istora Papua Bangkit yang sudah memasuki tahap pengerjaan 90,7 persen.

INDOSPORT.COM - Pembangunan Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang disiapkan untuk menjadi salah satu venue dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang sudah mendekati rampung.

Pembangunan Istora Papua Bangkit sudah memasuki progres 90,7 persen, atau lebih cepat dari yang ditargetkan.

Faris Haqqul Anwar selaku staf teknik PT PP yang mengerjakan pembangunan Istora Papua Bangkit mengatakan, venue yang akan mempertandingkan cabang olahraga senam dan bulutangkis ini memiliki keunggulan di Field of Play atau luas areanya.

Bahkan kata Faris, Field of Play Istora Papua Bangkit ini melampaui Istora Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta.

"Keunggulannya di field of play atau luas areanya sendiri yang lebih besar dari pada Istora GBK, yang mana luas areanya 3.600 meter persegi," ujar Faris kepada INDOSPORT, Jumat (12/06/20).

Ia menjelaskan, Istora Papua Bangkit juga memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 8.000 orang.

"Untuk kapasitas penuhnya itu bisa menampung 8.000 orang, sehingga sistem tata udaranya sudah kami desain sedemikian rupa," terangnya.

Istora Papua Bangkit dibangun bersebelahan dengan Stadion Papua Bangkit dan venue Aquatic dalam satu kawasan olahraga, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Venue Istora Papua Bangkit dibangun menggunakan APBN dan dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan menelan anggaran sekitar Rp278 miliar.