Bola Internasional

Keren! Stadion Utama Papua Bangkit Masuk ke Dalam Daftar 10 Stadion Terpopuler di Dunia

Senin, 30 Maret 2020 18:18 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Salah satu stadion termegah di Indonesia, Stadion Utama Papua Bangkit masuk ke dalam daftar stadion terpopuler di seluruh dunia. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Salah satu stadion termegah di Indonesia, Stadion Utama Papua Bangkit masuk ke dalam daftar stadion terpopuler di seluruh dunia.

INDOSPORT.COM – Kabar membanggakan datang dari Indonesia, salah satu stadion termegah di Indonesia, Stadion Utama Papua Bangkit masuk ke dalam daftar stadion terpopuler di seluruh dunia.

Dari daftar yang dilansir oleh StadiumDB, Stadion Papua Bangkit berada di urutan keenam dalam daftar stadion paling populer yang ada di muka bumi ini.

© Sekretariat Presiden - Biro Pers, Media, dan Informasi
Stadion Papua Bangkit. Copyright: Sekretariat Presiden - Biro Pers, Media, dan InformasiPenampakan hutan gunung yang mengelilingi Stadion Utama Papua Bangkit.

Stadion terbesar di wilayah timur Indonesia ini berhasil unggul atas New Clark City Athletics Stadium (Filipina), Arena Kombetare (Albania), Estadio Jorge Luis Hirschi (Argentina), dan Japan National Stadium (Jepang).

Sementara itu, Stadion Papua Bangkit hanya kalah suara dari VTB Arena (Rusia), MOL Arena (Slovakia), Al Janoub Stadium (Qatar), Tottenham Hotspur Stadium (Inggris), dan Puskas Arena (Hungaria).

© Pemprov Papua.
Stadion Papua Bangkit. Copyright: Pemprov Papua.Penampakan atas Stadion Utama Papua Bangkit.

Stadion berkapasitas 40.263 orang ini mulai dibangun pada akhir tahun 2016 dan selesai pada pertengahan tahun 2019. Kemegahan dan kebesaran Papua Bangkit sendiri diketahui menelan biaya hingga 1,3 triliun rupiah.

Tak hanya terbesar di wilayah Indonesia Timur, Papua Bangkit juga dikabarkan menjadi yang terbesar di wilayah New Guinea dan telah memenuhi syarat untuk bisa menjadi stadion tempat berlangsungnya laga Piala Dunia.

© Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Stadion Papua Bangkit. Copyright: Kementerian Pemuda dan Olahraga.Penampakan tribun Stadion Utama Papua Bangkit. Terlihat sangat nyaman dan modern.

Diapit oleh hutan gunung dan bukit serta Danau Sentani yang sangat menawan, stadion ini juga layak masuk ke dalam daftar stadion-stadion tercantik di dunia.

Stadion Papua Bangkit rencananya akan digunakan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang rencananya akan digelar dari hari Selasa (20/10/20) sampai dengan hari Senin (02/11/20). PON XX juga akan menjadi gelaran PON pertama yang diadakan di tanah Papua.