Pengerjaan Istora Papua Bangkit untuk PON XX Terus Dikebut

Senin, 1 Juni 2020 20:52 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. Jagadnegoro2002
Venue Istora Papua Bangkit tampak dari atas. Copyright: © Dok. Jagadnegoro2002
Venue Istora Papua Bangkit tampak dari atas.

INDOSPORT.COM - Meski di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pengerjaan venue Istora Papua Bangkit yang terletak di Kawasan Olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, terus dikebut.

Istora Papua Bangkit yang akan diperuntukkan sebagai venue pertandingan cabang olahraga Bulutangkis pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX itu kini sudah memasuki progres 88,08 persen.

Sama halnya dengan venue Aquatic yang letaknya saling bersebelahan, Istora Papua Bangkit juga tinggal menyisakan tahap finishing.

"Venue Istora yang termasuk dalam batch venue pertama yang dibangun oleh Kementerian PUPR sudah sampai pada tahap finishing. Sama dengan venue Aquatic," ujar Anggoro Putro selaku Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana dan Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, ketika dihubungi INDOSPORT, Senin (01/06/20).

Sekadar diketahui, pembangunan Istora Papua Bangkit telah dimulai sejak November 2018, dan ditargetkan rampung pada Juni tahun 2020. Pekerjaan Istora Papua Bangkit sendiri menelan anggaran sebesar Rp278,5 miliar.

Kawasan Istora Papua Bangkit dilengkapi dengan area plaza kawasan termasuk kawasan parkir kendaraan di dalam dan luar area Istora dengan konstruksi rangka atap pipa baja berbentuk dome yang memiliki bentangan kurang lebih 85 meter. 

Struktur rangka atap venue Istora saat ini sedang dalam proses pendaftaran Rekor MURI sebagai rangka atap baja dome dengan bentang terpanjang di Indonesia.