Intip Kemegahan Venue Aquatic PON XX Papua

Minggu, 31 Mei 2020 15:41 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Aquatic Papua tampak dalam di progres 80 persen. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Aquatic Papua tampak dalam di progres 80 persen.

INDOSPORT.COM - Pembangunan venue Aquatic yang disiapkan untuk penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2021 mendatang sudah menunjukkan progres pesat. Pengerjaannya terus digenjot meski di tengah pandemi Covid-19.

Venue yang terletak di Kawasan Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura ini sudah memasuki tahap 93,83 persen atau telah sampai pada tahap finishing.

Venue yang dikerjakan Kementerian PUPR sejak Desember 2018 ini pengerjaannya lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, yakni Juli 2020.

© Dok. Jagadnegoro2002
Venue Aquatic Papua tampak dalam Copyright: Dok. Jagadnegoro2002Venue Aquatic Papua tampak dalam

"Untuk venue Aquatic sendiri sudah sampai pada tahap finishing atau sudah di tahap 90 persen," ujar Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana dan Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, Anggoro Putro saat dihubungi INDOSPORT, Minggu (31/5/20).

Dari fisik dan fasilitasnya, venue Aquatic tergolong sebagai venue berstandar internasional. Venue ini menjadi yang termegah kedua setelah Senayan, Jakarta, yang digunakan pada perhelatan Asian Games 18 tahun 2018.

Area Aquatic ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang sesuai dengan standar Federation Internationale de Natation (FINA) yang merupakan induk organisasi internasional olahraga renang serta tata lampu berstandar field of play (FOP), alat penghitung waktu pertandingan (master clock) di lantai 1 dan lantai 2, papan skor serta tata suara, tata udara, kamera pengawas (CCTV), dan tribun penonton. 

© Dok. Jagadnegoro2002
Venue Aquatic Papua tampak luar Copyright: Dok. Jagadnegoro2002Venue Aquatic Papua tampak luar

Selain itu juga dilengkapi fasilitas parkir, lanskap, drainase, dan bangunan penunjang yang disesuaikan dengan batas kawasan.

Biaya pembangunan venue cabang olahraga renang ini dialokasikan dari dana APBN tahun 2018-2020 sebesar Rp401,058 miliar.