Kantongi Sertifikat FIH, Venue Hoki Outdoor Papua Sudah Berkelas Dunia

Rabu, 19 Agustus 2020 18:42 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Lapangan Hoki Outdoor Papua telah mengantongi sertifikat dari federasi hoki dunia (FIH) Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Lapangan Hoki Outdoor Papua telah mengantongi sertifikat dari federasi hoki dunia (FIH)

INDOSPORT.COM - Venue cabang olahraga Hoki Outdoor yang akan dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang telah mengantongi sertifikat dari Federation Internationale de Hockey atau Federasi Hoki Internasional (FIH).

Dengan status tersebut, venue yang terletak di Kampung Doyo Baru, Kabupaten Jayapura ini diklaim bisa menggelar kejuaraan dunia.

"Lapangan hoki outdoor di Doyo Baru juga baru saja mendapatkan sertifikat dari FIH yang menunjukkan bahwa event hoki berkelas dunia bisa digelar di Papua," ujar  Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana dan Permukiman Wilayah II Provinsi Papua dan Project Manager Venue PON XX Kementerian PUPR, Anggoro Putro kepada INDOSPORT, Rabu (19/08/20).

Venue Hoki Outdoor menjadi venue kedua PON Papua yang telah mengantongi sertifikat dari federasi cabang olahraga dunia, setelah venue Aquatic yang mendapatkan sertifikasi dari federasi renang dunia (FINA), Lausanne, Swiss.

Dengan begitu, Anggoro menyebutkan jika pencatatan rekor dunia di dua venue tersebut nantinya sudah bisa diakui oleh federasi cabor masing-masing.

"Yang jelas kini venue-venue olahraga berkelas dunia telah hadir di Tanah Papua. Pemecahan rekor dunia tidak perlu dilakukan jauh-jauh di luar Papua, apalagi di luar Indonesia," pungkas Anggoro.

Sekadar diketahui, pengerjaan venue Hoki Outdoor Papua telah rampung dan siap digunakan untuk menggelar tes event. Proses pengerjaan venue Hoki bersama Kriket menelan anggaran sebesar Rp277 miliar menggunakan dana yang bersumber dari APBN.