Berstandar Internasional, Venue Tenis PON XX Papua Ungguli Senayan

Jumat, 7 Agustus 2020 16:26 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue cabang olahraga Tenis yang dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang memiliki sejumlah keunggulan. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue cabang olahraga Tenis yang dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang memiliki sejumlah keunggulan.

INDOSPORT.COM - Venue cabang olahraga Tenis yang dipersiapkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang memiliki sejumlah keunggulan yang mengungguli kemegahan venue Tenis di Senayan, Jakarta.

Proses pembangunan venue Tenis Papua ini terbilang unik, karena pengerjaannya ditangani oleh kontraktor lokal dengan tingkat kesulitan yang tinggi, mengingat medan kerja yang cukup sulit.

"Venue ini satu-satunya yang dikerjakan oleh kontraktor lokal dan ini adalah tantangan yang luar biasa karena kondisi area kerjanya juga sangat sempit dan dekat dengan perkantoran dan kita sempat terhambat di situ. Proses penahan tanahnya saja memakan waktu dua bulan," ujar Plt Kadisorda Papua, Alexander Kapisa kepada INDOSPORT, Jumat (7/8/20).

Kini, venue Tenis PON XX Papua ini sudah memasuki progres 97,3 persen atau mendekati rampung. Bahkan hasilnya pun sangat memuaskan. Tak hanya memiliki 7 lapangan tanding, tapi venue ini juga menyuguhkan pemandangan eksotis di sekelilingnya.

"Kami bangga karena venue ini punya pemandangan yang indah, sangat ekslusif. Yang lebih membanggakan ini dikerjakan oleh kontraktor lokal dan bisa bersaing dengan BUMN. Venue ini bahkan sudah bisa digunakan untuk tes event," ungkap Alex.

Sementara itu, Site Engineer PT Widya Satria, Agung Pranata menjelaskan, venue Tenis Papua ini dilengkapi berbagai macam fasilitas memadai. Bahkan beberapa di antaranya mengungguli lapangan Tenis Senayan.

"Venue ini dilengkapi dengan mess atlet dengan kapasitas 4 kamar, 1 kamar bisa menampung 2 orang. Jadi total semua bisa menampung 8 orang. Ada ruangan pengurus juga dan sudah ramah disabilitas dengan ketersediaan lift," jelasnya.

"Lapangannya ada 7 dan net-nya bisa di geser. Bisa menampung 450 sampai 500 penonton total keseluruhan. Kapasitas lampunya 2.000 lux sesuai standar internasional. Lapisan lapangannya juga menggunakan flexi rubber," tambahnya.

Yang menarik, pembangunan venue Tenis ini juga melibatkan 250 tenaga Orang Asli Papua (OAP). Venue yang berada di kawasan perkantoran Pemerintah Kota Jayapura ini menjadi satu-satunya venue Tenis di Indonesia yang berada di ketinggian.

Dijadwalkan, venue Tenis PON XX Papua ini bakal rampung seutuhnya pada akhir Agustus nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%