Selaraskan Misi, Kemenpora Gelar Workshop IPTEK Olahraga Haornas 2020

Rabu, 2 September 2020 08:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Kemenpora
Kemenpora terus menyelaraskan semangat tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 di kancah olahraga Indonesia. Copyright: © Media Kemenpora
Kemenpora terus menyelaraskan semangat tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 di kancah olahraga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus menyelaraskan semangat tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020. Sebuah workshop terkait Iptek Olahraga pun digelar.

Menjelang Haornas 2020, Kemenpora memang menggaungkan tema “Sport Science, Sport Tourism dan Sport Industry”. Untuk mengimplementasikan tema tersebut, Kemenpora terus mensosialisasikan apa itu Sport Science.

Staf Khusus Menpora Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga, Mahfudin Nigara, menekankan pentingnya sport science dalam kesuksesan prestasi olahraga di Indonesia.

"semua program latihan para atlet di Indonesia harus memiliki landasan sport science yang kuat. Semua harus pakai data, termasuk sport science agar prestasi bisa terukur dan direncanakan dengan baik," ujar M. Nigara, Selasa (1/9/20).

Tak hanya itu, terkait sport science juga digambarkan dengan jelas oleh Guru Besar Unessa, Hari Setijono. Sport science harus mampu memprediksi dan membandingkan hasil dari tes yang dilakukan.

"Sport science dapat memonitor kenaikan dan penurunan performa atlet, memutuskan promosi dan degradasi berbasis data. Dengan identifikasi tertentu dapat menentukan cabor yang tepat," tambahnya.

"Yang penting lagi adalah harus ada pemahaman yang sama. Kalau pelatih tidak paham atau atlet tidak paham akan terjadi ketidaknyambungan dan akan menjadi lama berkembang," tutup Hari Setijono.