Menpora Tularkan Semangat dalam Logo Sumpah Pemuda 2020

Jumat, 2 Oktober 2020 11:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Menpora
Logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020. Copyright: © Menpora
Logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi merilis logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020. Dalam logo tahun ini Menpora menilai adanya semangat Pemuda Indonesia berjuang khususnya di masa Pandemi Covid-19. 

“Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda, saya berpesan agar para pemuda kita bersatu dan bangkit. Kita tidak boleh tercerai-berai. Meskipun berbeda, kita harus tetap satu, semangat persatuan harus kita pelihara dengan baik. Tanpa persatuan, kita tidak akan bisa, makanya harus bersatu lalu kita bangkit,” buka Zainudin Amali.

Zainudin Amali menambahkan semangat persatuan sudah mutlak dan tidak bisa ditawar lagi. Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

“Semangat persatuan tidak bisa ditawar lagi, harus bersatu dan bergotong royong. Saya kira kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan para pemuda kita, bagaimana kita harus bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Berbagai cara terus kita lakukan, termasuk memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan,” tegas Amali. 

Dalam kesempatan ini, Menpora RI memberi penjelasan tentang makna dari logo Hari Sumpah Pemuda 2020. Terdapat dua insan yang saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda ke-92. 

Lalu, terdapat perpaduan warna yang beragam melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa. Kemudian, warna biru pada logo melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan/pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam negeri.

© Kemenpora
Logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020. Copyright: KemenporaLogo Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020.

“Konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat persatuan dan kerja sama untuk melawan Covid-19. Pada font Sumpah Pemuda, memiliki kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” jelas Menpora RI. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%