Waspada Corona, Peresmian Venue PON Papua Bakal Digelar Virtual

Jumat, 16 Oktober 2020 04:42 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Acara peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 20 Oktober mendatang, diusulkan digelar secara virtual mengingat situasi pandemi virus corona. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Acara peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 20 Oktober mendatang, diusulkan digelar secara virtual mengingat situasi pandemi virus corona.

INDOSPORT.COM - Acara peresmian venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 20 Oktober mendatang, diusulkan digelar secara virtual mengingat situasi pandemi virus corona belum juga mereda.

Dalam rapat koordinasi panitia peresmian bersama Forkopimda Papua, Kamis (15/10/20), sejumlah pihak mengusulkan seremonial peresmian venue PON XX, termasuk Stadion Lukas Enembe digelar secara virtual.

Ketua panitia peresmian venue PON yang juga selaku Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda mengatakan, menyusul adanya usulan tersebut pihaknya akan menyiapkan rencana alternatif agar seremonial peresmian tetap berjalan lancar.

"Dalam rapat hari ini kesimpulan saran dan masukan dari Forkopimda Papua akan dilakukan secara virtual, sehingga kami panitia akan menyiapkan lagi rencana B."

"Kami akan coba buat satu desain dan akan dilaporkan kepada Kapolda terkait saran dan masukan," ujarnya kepada wartawan di Jayapura.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan, pihaknya tetap mendukung penuh kesuksesan acara peresmian tersebut, namun pihaknya juga berpedoman pada maklumat Kapolri tentang izin keramaian di tengah situasi pandemi virus corona.

"Tadi sudah kita bahas dan sudah disimpulkan bahwa memang kondisi ini agak sulit, kegiatan kita dukung, tapi mengumpulkan sejumlah masa ini yang jadi masalah karena itu yang menjadi konsern semua pihak," ujar Kapolda.

"Ada dua alternatif, tapi kami belum putuskan. Tadi banyak pertimbangan bahwa memang dalam kondisi seperti ini kita perlu melihat dan menimbang situasi dan kondisi."

"Perlu ada diskusi kembali untuk mengantisipasi ini. Maklumat Kapolri juga sudah menegaskan tidak mengizinkan keramaian, saran kami yah virtual itu jadi pilihan terbaik," tambahnya.

Sebelumnya, panitia peresmian, Pemerintah Provinsi Papua, PB PON dan KONI Papua, telah menyiapkan rangkaian acara yang akan mewarnai seremonial peresmian delapan venue PON XX plus Stadion Lukas Enembe.

Bahkan, posko-pokso rapid test virus corona telah dibuka di sejumlah titik yang tersebar di Kabupaten dan Kota Jayapura untuk memeriksa kesehatan calon pengunjung yang akan hadir di acara peresmian tersebut.

Pasalnya, acara tersebut akan menyajikan laga eksebisi antara tim sepak bola Papua kontra tim Jawa Timur juga tim Persipura Putri versus Galanita Papua.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%