Sempat Terkendala, Edy Rahmayadi Pastikan Sport Center Sumut Lanjut

Selasa, 24 November 2020 22:30 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat memimpin rapat koordinasi terkait kelanjutan pembangunan Sport Center Sumut Copyright: © Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat memimpin rapat koordinasi terkait kelanjutan pembangunan Sport Center Sumut

INDOSPORT.COM - Sempat terkendala pasca ground breaking beberapa bulan lalu, Gubernur Sumatra Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, pastikan pembangunan Sport Center Sumut berlanjut.

Sebab terkendala perihal persoalan lahan, terkait ganti rugi tanaman dan bangunan yang sempat menjadi kendala. Kini sudah teratasi dan ditargetkan rampung Desember 2020.

Hasil verifikasi dan validasi oleh tim yang dibentuk 4 November lalu sampai saat ini, dari total 670 (tanaman dan bangunan) yang masuk area pembangunan sport center Sumut, 479 sudah selesai dan bersedia menandatangani kertas kerja dan 397 diantaranya mendapat ganti rugi.

“Dua bulan yang lalu pembangunan ini sudah dimulai, tetapi ada persoalan-persoalan yang membuat pembangunan belum bisa berjalan di beberapa kawasan," kata Edy Rahmayadi dalam rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Rumah Dinas Gubernur, Medan, Senin (23/11/20) kemarin.

Sementara itu, masih ada 191 tanaman dan bangunan yang belum bersedia menandatangani kertas kerja dan masih dalam tahap proses perundingan. Maka Edy Rahmayadi memastikan dalam tujuh hari ke depan masalah ganti rugi ini akan terselesaikan.

Lanjut Edy, dengan harapan pembangunan kompleks olahraga yang dipersiapkan untuk venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 ini dapat dimulai kembali pada awal tahun depan.

“Tujuh hari ke depan sudah dilakukan pembayaran, berarti di bulan Desember ini selesai. Jadi tidak ada lagi kendala lahan, semua harus sudah clear," harap Edy.

"1 Januari 2021 tidak ada lagi alasan, waktu kita sempit karena 2024 PON sudah dimulai (pasca terima SK PON 2024 dari Menpora). 1 Januari kegiatan pembangunan secara keseluruhan akan dilanjutkan,” pungkas mantan Ketum PSSI ini.

Sebagaimana diketahui, Sport Center Sumut akan dibangun di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang (dekat Bandara Internasional Kualanamu) dengan luas lahan 300 hektar.

Bukan hanya sarana olahraga, sport center ini rencananya juga akan dibangun zona komersial dan edukasi, sehingga mampu menghidupkan kawasan ini usai PON 2024 berakhir. Sumut menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%