Bidik Juara Umum, Kontingen DKI Jakarta Optimistis Sambut Popnas 2021

Rabu, 30 Desember 2020 09:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Asprov PSSI DKI Jakarta
Dispora DKI Jakarta dan Asprov PSSI DKI Jakarta mengadakan seleksi masuk Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) khusus cabor sepak bola di Lapangan Ragunan. Copyright: © Asprov PSSI DKI Jakarta
Dispora DKI Jakarta dan Asprov PSSI DKI Jakarta mengadakan seleksi masuk Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) khusus cabor sepak bola di Lapangan Ragunan.

INDOSPORT.COM - Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021 sementara ini masih akan berjalan sesuai jadwal semula. Hajatan akbar multicabang level pelajar ini rencananya berlangsung di dua provinsi, yakni Sumatra Selatan dan Bangka-Belitung sekitar Agustus atau September tahun depan.

Setiap daerah mempersiapkan kontingen masing-masing, tak terkecuali DKI Jakarta. Mereka bahkan mematok target juara umum Popnas 2021 sebagai pelampiasan kegagalan edisi terdahulu yang harus puas menduduki posisi runner-up di bawah Jawa Barat dengan selisih satu medali emas saja.

Pandemi virus corona yang melanda Tanah Air hampir sepanjang 2020 sempat memaksa kontingen DKI Jakarta menyetop kegiatan latihan, namun belakangan mereka mulai kembali menjalankan rutinitas di Kompleks Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Ragunan, Jakarta Selatan.

"Awal pandemi sampai September semua pembinaan diliburkan sementara karena seluruh fasilitas olahraga di DKI ditutup. Para atlet berlatih di rumah masing-masing mengikuti program latihan yang diberikan," kata Kepala PPOP Ragunan, Wisnu Dewanto, kepada INDOSPORT, Selasa (29/12/20).

"Begitu masuk PSBB transisi dan ada sedikit kelonggaran soal penggunaan lapangan olahraga, kami mulai latihan tatap muka seminggu tiga kali, tapi atlet belum menginap di asrama. Mereka pulang-pergi dari rumah dan penerapan protokol kesehatan sangat ketat selama berkegiatan di sini," cetusnya.

Sekadar mengingatkan, PPOP atau yang dulunya dikenal dengan sebutan Diklat Ragunan merupakan penyetor kontingen DKI Jakarta untuk Popnas 2021. Mereka ditempa secara fisik dan mental selama berada di kompleks olahraga Ragunan, Jakarta Selatan.

Wisnu mengakui bahwa target juara umum Popnas 2021 membuat pihaknya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dia tak ingin melihat daerah lain mengungguli perolehan medali DKI Jakarta seperti yang terjadi di edisi terdahulu.

"Target kami adalah juara umum Popnas 2021. Edisi sebelumnya DKI Jakarta menduduki posisi runner-up, berselisih satu medali emas dengan Jawa Barat," ujar Wisnu Dewanto.

Kabar terbaru, Dispora DKI Jakarta dan Asprov PSSI DKI Jakarta mengadakan seleksi masuk Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) khusus cabor sepak bola di Lapangan Ragunan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada 29-30 Desember.

POPB sendiri merupakan pembinaan program Dispora DKI Jakarta terkait pembinaan olahraga yang rataan usianya di bawah 15 tahun atau setingkat SMP ke bawah. Diharapkan dari sini nantinya bisa menjadi pemasok atlet untuk PPOP dalam lingkup sekitar 30 cabor, termasuk sepak bola.