Liga Indonesia

Unik! Stadion 17 Mei, Markas Barito Putera Gunakan Rumput Motif Batik

Senin, 28 Desember 2020 09:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pertama di Indonesia, Stadion 17 Mei Banjarmasin yang menjadi markas klub Liga 1, Barito Putera, tengah direnovasi dan akan menggunakan rumput lapangan bermotif batik khas Kalimantan.

Sebagaimana diketahui, Stadion 17 Mei Banjarmasin tengah dalam proses akhir renovasi tahap dua. Untuk perbaikan fasilitas mulai dari tribun hingga rumput lapangan, diperkirakan tuntas pada akhir 2020.

Dengan demikian, Barito Putera untuk sementara mengungsi ke Stadion Demang Lehman, markas Martapura FC yang berada di Kota Martapura, Kalimantan Selatan, meski saat ini tidak ada kompetisi Liga 1.

Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin terus dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya meningkatkan kualitas dan estetika rumput lapangan.

Menariknya, rumput lapangan Stadion 17 Mei akan ditata sedemikian rupa agar saat tumbuh nantinya bisa membentuk motif Sasirangan, batik celup khas Kalimantan Selatan, yang punya ornamen unik.

"Penanaman rumput sudah berjalan sekitar dua bulan. Didatangkan dari Tangerang, yang terbaik saat ini. Mungkin bisa bermotif Sasirangan atau lainnya," ucap Kasubag Sarana dan Prasarana Dispora Kalsel, Asean Kamil via Banjarmasin Post.

Barito Putera diprediksi sudah bisa memakai Stadion 17 Mei kembali pada dalam lanjutan Liga 1 2020, yang rencananya bergulir pada Februari 2021 dan pemusatan latihan yang digelar mulai Januari nanti.

Namun, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan juga tidak menutup kemungkinan untuk terus melanjutkan proses renovasi tahap ketiga Stadion 17 Mei Banjarmasin tahun depan.