Luhut Pandjaitan Resmi Pimpin PASI, Begini Tanggapan Pengprov Jateng

Rabu, 27 Januari 2021 13:46 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
© Humas PB PASI
Kongres PB PASI 2021 meresmikan Luhut Pandjaitan sebagai Ketua Umum PB PASI masa bakti 2021-2025. Copyright: © Humas PB PASI
Kongres PB PASI 2021 meresmikan Luhut Pandjaitan sebagai Ketua Umum PB PASI masa bakti 2021-2025.

INDOSPORT.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan resmi terpilih menjadi ketua umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Pensiunan jenderal bintang empat ini secara resmi dinyatakan sebagai Ketua Umum PB PASI masa bakti 2021-2025 pada Senin (25/01/21) kemarin pada Kongres yang digelar secara virtual.

Maju sebagai calon tunggal, sebanyak 34 orang Pengurus Provinsi (Pengprov) menyetujui Luhut menjadi ketum menggantikan Bob Hasan, yang meninggal dunia pada 31 Maret 2020.

Terpilihnya Luhut Pandjaitan sebagai ketua PASI lantas mendapat tanggapan, salah satunya dari pengurus provinsi (Pengprov) PASI Jawa Tengah.

Menurut ketua PASI Jateng, Rumini, dengan diangkatnya Luhut menjadi ketua PB PASI memberi warna tersendiri, terutama rasa optimis supaya dunia atletik Tanah Air lebih maju.

“Tanggapan kami dari Pengprov Jateng merasa sudah cocok dengan terpilihnya Pak Luhut setelah meninggalnya almarhum Pak Bob Hasan pada tahun lalu. Beliau (red-Luhut) punya orientasi ke depan terkait atletik supaya lebih bagus, maju, dan berprestasi dengan mengandalkan sport science di bidang beliau,” tandas Rumini kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (26/01/21) malam.

Menurut Rumini, duduknya Luhut Pandjaitan di kursi pemerintahan juga akan berdampak positif terhadap dunia atletik. Pasalnya ke depan atletik cukup berpotensi lebih diperhatikan oleh pemerintah.

“Karena di atletik itu butuh lapangan luas. Nah selama ini atletik latihannya di Lapangan Madya namun sekarang lapangan tersebut sudah fokus untuk kegiatan sepak bola. Ini kan membuat atletik sulit untuk berlatih,” ungkap Rumini.

“Mungkin dengan adanya Pak Luhut akan membantu teman-teman atletik lebih mudah dalam mencari tempat latihan. Yang terpenting tidak melanggar aturan,” imbuhnya.

Rumini juga berharap dengan terpilihnya Luhut Pandjaitan akan memunculkan atlet-atlet seperti Lalu Muhammad Zohri yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Harapan terbesarnya muncul Zohri-Zohri baru yang bisa membawa nama Indonesia berprestasi di tingkat internasional,” tegas wanita yang juga menjadi ketua jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang ini.

Luhut sendiri usai terpilih menjadi ketua PB PASI menyatakan siap dan meminta semua pihak yang terkait atletik untuk bekerja sama dalam memajukan PB PASI.

“(Saya) menyatakan bersedia dan sanggup untuk menjadi Ketua Umum masa bakti 2021-2025 dalam Kongres PB PASI pada Senin (25/01/21). Saya berharap semua bisa bekerja sama membangun atletik Indonesia menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.