Michael Phelps, Atlet Paling Sukses di Olimpiade

Sabtu, 13 Maret 2021 19:51 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© sporteology
Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps. Copyright: © sporteology
Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps.

INDOSPORT.COM - Beberapa cabang yang dipertandingkan di Olimpiade memungkinan atlet untuk turun di beberapa nomor, misalnya renang, senam, atletik, atau balap sepeda.

Hal ini otomatis membuka peluang seorang atlet bisa memperloleh lebih dari satu medali emas. Maka tak heran jika atlet paling sukses dengan koleksi medali terbanyak di Olimpiade adalah atlet dari salah satu cabang di atas.

Adalah perenang Amerika Serikat (AS), Michael Phelps, yang tercatat sebagai pemilik koleksi medali terbanyak di Olimpiade, baik musim panas maupun musim dingin.

Secara keseluruhan, Phelps mengumpulkan 28 medali, yang terbagi atas 23 medali emas, tiga medali perak, dan dua mendali perunggu. Rekor tersebut didapat dari empat kali keikutsertaan di Olimpiade (2004-2016).

Phelps pertama ikut Olimpiade di Sydney 2020. Ketika itu usianya baru 15 tahun, yang menjadikannya sebagai perenang putra termuda AS yang lolos Olimpiade setelah Ralph Flanagan pada 1932.

Di Sydney, Phelps belum berhasil meraih medali. Namun, dia berhasil lolos ke final dan finis di urutan kelima nomor 200 meter gaya kupu-kupu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Michael Phelps (@m_phelps00)

Sensasi Phelps di Olimpiade dimulai pada Athena 2004. Dia turun pertama di nomor 400 meter gaya ganti perseorangan. Perenang kelahiran 30 Juni 1985 tersebut meraih medali emas pertamanya di Olimpiade dan mencatat rekor dunia dengan 4 menit 8,26 detik.

Phelps tampil luar biasa sepanjang event. Total dia meraih enam medali emas dan dua medali perunggu. Selain 400 meter gaya ganti perseorangan, Phelps meraih emdali emas dari nomor 100 meter dan 200 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya ganti perseorangan, 4x200 meter gaya ganti bebas, serta 4x100 gaya ganti estafet.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%