Vietnam Lempar Wacana Penundaan SEA Games 2021, Indonesia Tegas Menolak!

Kamis, 10 Juni 2021 09:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Copyright: © NOC Indonesia
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

INDOSPORT.COM - Tuan rumah Vietnam melempar wacana untuk menunda pesta olahraga SEA Games 2021 di Kota Hanoi. Begini sikap Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Wacana penundaan pesta olahraga Asia Tenggara ini disampaikan pada Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF) yang digelar secara virtual pada Rabu (9/6/21) kemarin.

Di sana, perwakilan National Olympic Committee Vietnam menyampaikan keinginan untuk menunda SEA Games edisi ke-31 ini ke pertengahan tahun depan.

Namun, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, secara tegas menyatakan keberatan dengan wacana penundaan SEA Games 2021.

“Kami keberatan jika SEA Games ke-31 ditunda ke 2022 karena anggaran tahun ini sudah dialokasikan. Harus ada pertanggung jawaban anggarannya nanti," jelas Raja Sapta Oktohari.

"Jika ditunda ke 2022, pengajuan anggaran tahun depan belum ada. Selain itu, penundaan mengakibatkan SEA Games berikutnya di Kamboja pada 2023 hanya berselang setahun,” tegas Okto lagi.

Jika berkaca pada usulan tuan rumah, alasan penundaan SEA Games 2021 dikarenakan kasus positif virus corona di Vietnam tengah meningkat.

Namun, tujuh dari 11 negara peserta SEAGF, yaitu Indonesia, Brunei-Darussalam, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, karena merasa ada banyak agenda lain untuk kalender olahraga 2022.