Tunggu Voting, Brisbane Selangkah Lagi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jumat, 11 Juni 2021 14:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Wikipedia
Logo Olimpiade Copyright: © Wikipedia
Logo Olimpiade

INDOSPORT.COM – Kota Brisbane di Australia hanya tinggal menunggu waktu sebelum ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Dilansir dari Foxsport, ketua Olimpiade, Thomas Bach, Kamis (10/06/21), mengumumkan bahwa Brisbane akan diusulkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Pengambilan suara untuk mendukung Brisbane sebagai tuan rumah ini akan dilakukan pada sesi Komite Olimpiade Internasional ke-138 yang beranggotakan 102 pada 21 Juli mendatang di Tokyo.

“Sekarang di tangan anggota IOC untuk memberikan suara pada proposal ini pada 21 Juli di Tokyo,” kata Thomas Bach dalam pernyataan resminya.

“Keputusan dengan suara bulat oleh dewan eksekutif IOC merupakan penghargaan atas kerja keras selama bertahun-tahun yang dilakukan oleh Brisbane 2032, Komite Olimpiade Australia, dan mitra mereka, untuk menguji setiap aspek proyek,” tambah IOC.

Pemungutan suara ini sejatinya hanyalah formalitas, karena Brisbane memang sudah terpilih dalam penawaran di bulan Februari mengalahkan Indonesia dan juga penawaran gabungan dari Seoul dan Pyongyang.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 ini juga yang pertama kali menggunakan format penyeleksian IOC yang baru yang diadopsi pada Juni 2019 untuk menekan biaya pendaftaran dan kurangnya tawaran serius.