Intip 5 Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo, Makin Kekinian!

Kamis, 15 Juli 2021 18:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Carl Court/Getty Images
Berikut lima cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Carl Court/Getty Images
Berikut lima cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Olimpiade Tokyo akan segera dilaksanakan pada 23 Juli mendatang dan menelurkan setidaknya lima cabang olahraga baru yang pastinya sangat menarik untuk dilewatkan.

Seperti diketahui,Olimpiade musim panas ini semulanya dijadwalkan pada tahun 2020, namun terjadi pergeseran agenda akibat pandemi Covid-19 yang menyerang dunia.

Olimpiade Tokyo mempertandingkan 46 cabor, termasuk lima olahraga baru. The International Olympic Committe (IOC) menambahkan lima cabang ke dalam gelaran kali ini dalam upaya menarik penonton yang lebih muda dan tren urbanisasi olahraga.

Untuk lebih jelasnya, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com telah merangkum lima cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020. Apa saja ya?

Karate

Karate berasal dari Pulau Okinawa di Jepang. Sementara itu, ada dua disiplin seni bela diri yang dipertandingkan di Tokyo, yakni kata dan kumite.

Kumite, di sisi lain, adalah disiplin tempur, dan melihat karateka saling berhadapan dalam pertarungan tiga menit. Ada tiga kelas berat dan mereka diberikan poin untuk teknik yang digunakan.

Untuk pertama kalinya karate dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Akan ada 80 atlet yang bertanding dalam cabang ini -- 60 di kumite dan 20 di kata. Keduanya punya pembagian yang sama antara kategori pria dan wanita.

Skateboard

Dalam event ini, akan ada dua jenis permainan skateboarding yang akan ditampilkan yaitu street dan park. Para atlet tampil secara individu dan diberi penilaian atas penampilannya.

Dalam jenis permaianan street, para atlet akan dihadapkan dengan rel, tangga, trotoar, bangku, hingga dinding. Selanjutnya, mereka akan dipacu dengan waktu saat melakukan trik.

Sementara itu, para atlet park akan bertanding di dalam sebuah arena khusus, di mana mereka akan berhadapan dengan lintasan berbentuk seperti piring dan mangkuk besar.