Deretan Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade, Bulutangkis Dominan

Jumat, 23 Juli 2021 08:48 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Artur Widak/NurPhoto via Getty Images
Nurul Akmal, pembawa bendera Indonesia di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Copyright: © Artur Widak/NurPhoto via Getty Images
Nurul Akmal, pembawa bendera Indonesia di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

INDOSPORT.COM – Jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, berikut deretan pembawa bendera Indonesia dari masa ke masa, yang didominasi wakil dari cabang bulutangkis.

Sempat tertunda setahun, Olimpiade Tokyo akan resmi dibuka pada Jumat (23/07/21) pukul 20.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Situasi pandemi membuat acara ini akan digelar tertutup bagi penonton dan hanya dihadiri sebagian atlet.

Meski demikian, sejumlah tamu undangan dipastikan akan hadir ke Stadion Olimpiade Tokyo, antara lain Kaisar Naruhito dan Ibu Negara Amerika Serikat yakni Jill Biden.

Dalam upacara pembukaan petang nanti, Indonesia yang mengirimkan 28 atlet akan mengirimkan 10 perwakilan yang terdiri dari atlet dan ofisial.

Atlet angkat besi putri, Nurul Akmal, serta Rio Waida yang merupakan atlet di cabor selancar, terpilih menjadi pembawa bendera Indonesia,

Indonesia telah berpartisipasi di Olimpiade sejak tahun 1972. Sejumlah atlet maupun pelatih pernah mendapatkan keistimewaan dengan dipercaya membawa bendera Indonesia di upacara pembukaan.

Dari 12 gelaran Olimpiade yang diikuti Indonesia, bulutangkis menjadi yang cabor yang paling sering ditunjuk menjadi pembawa bendera yakni 3 kali.

Lantas, siapa saja yang pernah menjadi pembawa bendera Indonesia di Olimpiade dari masa ke masa? Berikut ini daftarnya: