Mengenal Momiji Nishiya, Gadis 13 Tahun Peraih Emas Termuda di Olimpiade Tokyo

Rabu, 28 Juli 2021 11:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Patrick Smith/Getty Images
Berumur 13 tahun, Momiji Nishiya resmi jadi peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo usai juarai nomor Women’s Street di cabor skateboard, Senin (26/07/21). Copyright: © Patrick Smith/Getty Images
Berumur 13 tahun, Momiji Nishiya resmi jadi peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo usai juarai nomor Women’s Street di cabor skateboard, Senin (26/07/21).

INDOSPORT.COM – Berumur 13 tahun, Momiji Nishiya resmi jadi peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo usai juarai nomor Women’s Street di cabor skateboard, Senin (26/07/21).

Nama Momiji Nishiya tengah populer beberapa hari terakhir ini. Bagaimana tidak, di usianya yang baru 13 tahun 330 hari, ia sukses menjadi atlet termuda yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Prestasi istimewa itu ditorehkannya dari nomor women’s street alias jalan raya wanita di cabang olahraga skateboard. Skateboard sendiri baru pertama kali dipertandingkan di Olimpiade di Tokyo 2020 ini.

Pada pertandingan yang digelar Senin (26/07/21) lalu, Nishiya berhasil mencatatkan nilai total nilai 15,26 yang menempatkannya di podium puncak, mengungguli Rayssa Leal (Brasil) dan Funa Nakayama (Jepang) yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Menariknya, Rayssa Leal yang berada di posisi kedua juga baru berusia 13 tahun 203 hari alias lebih muda daripada Nishiya.

Selain menjadikannya peraih emas termuda di Olimpiade Tokyo, Nishiya kini juga menjadi peraih emas termuda Jepang di sepanjang sejarah Olimpiade.

Meski demikian, Nishiya bukanlah peraih emas termuda di sepanjang sejarah Olimpiade. Prestasi tersebut menjadi milik atlet loncat indah Amerika Serikat, Marjorie Gestring, yang meraih emas di Olimpiade 1936 pada usia 13 tahun 286 hari.

Di sisi lain, kemenangan Momiji Nishiya membuat Jepang menyapu bersih medali emas di cabor skateboard. Sehari sebelumnya, Yuto Horigome meraih juga meraih emas di nomor putra.

Atlet 22 tahun ini sekaligus menjadi atlet yang meraih emas pertama di cabang skateboard sepanjang sejarah Olimpiade, mengingat Tokyo 2020 adalah debut dari cabor ini.