Penuh Rekor, Panjat Tebing Indonesia Siap Borong Medali di Olimpiade 2024

Kamis, 5 Agustus 2021 15:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram/@timindonesiaofficial
Atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia yaitu V. Leonardo berhasil memecahkan record dunia dalam kejuaran IFSC World Climbing Wold Cup 2021 yang diselenggarakan di Salt Lake City. Copyright: © Instagram/@timindonesiaofficial
Atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia yaitu V. Leonardo berhasil memecahkan record dunia dalam kejuaran IFSC World Climbing Wold Cup 2021 yang diselenggarakan di Salt Lake City.

INDOSPORT.COM - Meski tak ada gaungnya di Olimpiade Tokyo 2020, cabang olahraga panjat tebing Indonesia memiliki proyeksi jangka panjang untuk tahun 2024.

Segudang prestasi atlet panjat tebing di kejuaraan skala internasional membuat Indonesia menjadi sorotan dunia, bahkan diprediksi akan menang dan menguasai Olimpiade 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, mengungkapkan bahwa ia memiliki rasa optimisme yang tinggi bawah atlet Indonesia akan bisa bersinar di Olimpiade Paris 2024.

"Olimpiade 2024 nanti bisa jadi momen bagi insan panjat tebing kita, terutama para atlet untuk bisa berjaya, kembali merajai, dan menjadi yang terbaik," sebut Yenny Wahid pada Rabu (4/8/21) semalam.

Optimisme itu didukung fakta bahwa panjat tebing nomor speed akan dipertandingkan secara terpisah di Olimpiade Paris 2024, sehingga Indonesia punya peluang lebih besar untuk lolos kualifikasi, bahkan bisa meraih medali.

International Olympic Committee (IOC) telah menyetujui masuknya panjat tebing dalam Olimpiade 2024 yang diputuskan melalui voting dalam pertemuan sesi ke-134 IOC di Lausanne, Paris, Prancis.

Nantinya, akan ada empat nomor panjat tebing yang dipertandingkan, yakni speed putra-putri, serta combined lead-boulder putra-putri, sementara pun jumlah atlet kemungkinan sebanyak 72 orang.

Khusus di nomor speed, atlet Indonesia memang telah terkenal di mata dunia. Selain berhasil menjuarai kompetisi tertinggi, atlet Indonesia juga beberapa kali mencetak rekor dunia untuk nomor speed world record.

Sebut saja kiprah dua atlet muda Indonesia, yakni Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang mampu mencetak rekor dunia di ajang IFSC Climbing World Cup, Salt Lake City (Amerika Serikat), akhir Mei kemarin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%