Demi Juara Umum SEA Games, Thailand Incar Atlet AS Peraih Emas Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 11 Agustus 2021 18:55 WIB
Editor: Isman Fadil
© Elsa/Getty Images
Pesenam Amerika Serikat, Sunisa Lee. Copyright: © Elsa/Getty Images
Pesenam Amerika Serikat, Sunisa Lee.

INDOSPORT.COM - Pesenam putri yang mewakili Amerika Serikat (AS), Sunisa Lee, menjadi incaran Thailand, usai memenangkan medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020 beberapa waktu lalu.

Thailand menginginkan Sunisa Lee berlaga  untuk tim Thailand di ajang SEA Games 2025 nanti, Presiden Asosiasi Senam Thailand Sarayuth Pattanasak mengatakan dia telah mengikuti Sunisa Lee sejak lama dan menyatakan kekagumannya atas bakatnya setelah penampilannya di Olimpiade Tokyo 2020.

Sunisa Lee adalah suku bukit Thailand (Hmong) dan ayahnya adalah orang Thailand. Orang tua Sunisa merupakan pengungsi Hmong yang datang dari Laos ke AS.

Olimpiade Tokyo adalah turnamen yang sukses bagi gadis berusia 18 tahun ini dengan memenangkan 3 medali emas, perak dan perunggu dalam 3 acara yang berbeda: all-around wanita, tim wanita dan mistar gawang.

Medali emas all-around wanita membantu Sunisa mencatat sejarah ketika ia menjadi atlet Asia-Amerika pertama yang memenangkan medali emas dalam event ini, serta orang Asia-Amerika pertama yang memenangkan medali emas dalam senam di Olimpiade.

Selain itu, dia merupakan anggota tim yang memenangkan emas di Kejuaraan Dunia 2019 serta  merupakan atlet Olimpiade etnis Mong-Amerika pertama.

Dengan total 6 medali kejuaraan dunia dan Olimpiade, ia bersanding dengan Gabby Douglas, Kim Zmeskal, Kyla Ross, dan Rebecca Bross sebagai pesenam wanita Amerika yang paling banyak mendapat penghargaan.