Potret Medalis Termuda Quan Hongchan, Menjadi Atlet Demi Pengobatan Sang Ibu

Jumat, 27 Agustus 2021 02:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Potret kesederhanaan Quan Hongchan, gadis fenomenal berusia 14 tahun yang berhasil sabet emas di Olimpiade pertamanya. Melansir The Stratits Time, Hongchan merupakan atlet termuda yang mewakili China di Olimpiade Tokyo.

Atlet kelahiran 28 Maret 2007 di distrik Mazhang, Zhenjiang, Guangdong ini berhasil melakukan loncatan 10 meter putri dengan skor 10 dari 7 juri pada ronde kedua dan keempat.

Hasil itu membuatnya berhak meraih emas untuk Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Sementara medali perak draih rekan senegaranya, Chen Yuxi, serta medali perunggu diraih atlet Australia, Melissa Wu.

Terlepas dari hasil gemilang yang diraihnya di Olimpiade Tokyo 2020, Hongchan telah berhasil merebut simpati masyarakat Tiongkok karena kepribadian yang dimiliki.

Atlet putri ini ternyata memiliki latar belakang hidup yang sederhana. Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang sakit karena kecelakaan pada tahun 2017.

Sementara sang ayah adalah seorang petani jeruk, sekaligus tulang punggung untuk keluarganya. Hongchan pun jadi remaja putri yang cukup hidup kuat dalam kesederhanaan itu.