Menpora Zainudin Amali Tegaskan Tidak Ada Proses Olahraga yang Instan

Minggu, 12 September 2021 16:08 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Kemenpora
Menpora RI, Zainudin Amali. Copyright: © Kemenpora
Menpora RI, Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haronas) ke-38 atau Haornas 2021, Kamis (09/09/21). 

Kegiatan ini digelar secara hybrid, sebagian peserta hadir di gedung GOR POPKI Cibubur dan sebagiannya lagi mengikuti secara virtual mengingat masih dalam situasi pandemi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan tema Haornas tahun 2021 ini yaitu "Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju". Menurutnya, tema ini diangkat sebagai jawaban atas perintah Presiden Joko Widodo pada Haornas tahun 2020 lalu.

Seperti diketahui Presiden Jokowi meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem olahraga nasional dan melakukan perbaikan tata kelola pembinaan prestasi serta melakukan sinergitas antara pemangku kepentingan olahraga nasional dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah.

Dengan demikian, Menpora Amali dan stakeholder menyusun Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagai panduan dan pedoman dalam pembinaan prestasi olahraga.

"Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan dengan instan. Untuk menghasilkan prestasi olahraga dibutuhkan pembinaan jangka panjang, yang terencana terstruktur dan berkesinambungan," kata Amali.