Rayakan Haornas 2021, Jokowi: Catatan Olahraga Indonesia Membanggakan!

Kamis, 9 September 2021 22:34 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM Presiden Jokowi melontarkan pujian terhadap prestasi olahraga Indonesia, dalam perayaan Hari Olahraga Nasional, Kamis (09/09/21).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati pada hari ini, Kamis (09/09/21). Upacara peringatan Haornas 2021 sendiri digelar secara hybrid di gedung GOR, POPKI Cibubur, Jakarta Timur.

“Selamat Hari Olahraga Nasional ke-38 kepada seluruh insan olahraga Indonesia, kepada seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung kemajuan-kemajuan olahraga di negara kita Indonesia,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual.

Presiden Jokowi menyebutkan peringatan Haornas tahun 2021 ini diperingati dengan catatan prestasi yang membanggakan atas raihan berbagai medali dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

“Pencapaian prestasi ini menginspirasi seluruh bangsa, bukan hanya membuat kita semua bangga. Tapi juga memacu lahirnya prestasi prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang,” jelas Jokowi.

Dengan raihan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas perjuangan dan kerja keras para atlet dan ketekunan dari para pelatih yang telah mampu mengasah talenta hebat, sehingga mengharumkan nama bangsa.

Namun demikian, Jokowi mendorong agar pembinaan terus dilakukan sehingga dapat mencetak talenta hebat di bidang olahraga dan lahir semakin banyak berprestasi yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Prestasi olahraga harus terus kita tingkatkan, prestasi tidak muncul begitu saja, prestasi dihasilkan sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan,” jelasnya.

Presiden Jokowi menyebutkan Indonesia memiliki bibit unggul di berbagai cabang olahraga d iantara cabang olahraga bulutangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung dan senam artistik serta pencak silat dan wushu.

“Untuk itu, saya mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersinergi menciptakan ekosistem industri olahraga yang semakin modern, menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga yang sehat dan memacu prestasi, menemukan talenta-talenta unggul sejak dini sehingga menjadi fondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia,” harapnya.