Pesenam AS, Simone Biles Bersaksi Tentang Pelecehan Seksual yang Dialami

Kamis, 16 September 2021 19:36 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Laurence Griffiths/Getty Images
Simone Biles, pesenam muda Amerika Serikat yang pecahkan rekor dunia. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Simone Biles, pesenam muda Amerika Serikat yang pecahkan rekor dunia.

INDOSPORT.COM - Pesenam asal Amerika Serikat, Simone Biles telah bersaksi di depan Senat tetang pelecehan seksual yang dialaminya. Pelecehan itu dilakukan oleh mantan dokter tim, Larry Nassar.

Mantan rekan satu tim Simone Biles, Aly Raisman dan McKayla Maroney juga melakukan hal yang sama di hadapan komite. Kesaksian itu dilakukan bersama dengan Direktur FBI Christopher Wray.

Atas tindakannya melakukan pelecehan seksual, Larry Nassar dihukum seumur hidup. Akan tetapi Simone Biles menyayangkan lambannya tindakan yang diambil oleh FBI.

"Saya menyalahkan Larry Nasser, dan saya juga menyalahkan seluruh sistem yang memungkinkan dan melakukan pelecehannya. Jika Anda membiarkan pemangsa menyakiti anak-anak, konsekuensinya akan cepat dan parah," ujar Biles dilansir dari BBC.

Dalam kesaksian emosional pada hari Rabu (15/09/21), keempat pesenam itu mengatakan penderitaan yang mereka alami kepada Komite Kehakiman Senat.

Mereka merasa selama ini FBI telah melakukan penanganan yang ceroboh. Pesenam yang telah meraih medali empat emas Olimpiade menyerukan agar agen yang terlibat bisa diadili secara federal.

Aly Raisman, yang menjabat sebagai kapten tim senam Olimpiade AS pada 2012 dan 2016 silam mengaku prihatin masih harus berjuang mencari pertanggungjawaban. Raisman mendapat pelecehan seksual dari Larry Nassar pada enam tahun yang lalu.

"Selama beberapa tahun terakhir telah menjadi sangat jelas bagaimana penyembuhan korban dipengaruhi oleh cara penanganan kasus," kata Aly Raisman.