Buka PON Papua 2021, Raja Sapta: Fokus ke Bibit Atlet dan Wasit Berkualitas

Senin, 4 Oktober 2021 20:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© NOC Indonesia
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari (tengah) Copyright: © NOC Indonesia
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari (tengah)

INDOSPORT.COM - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari berharap Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 bisa jadi ajang pencarian bibit atlet dan juga wasit lokal berkualitas.

Raja Sapta Oktohari datang langsung ke Bumi Cenderawasih, Sabtu (02/10/21) siang, pada agenda pembukaan PON XX Papua 2021, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Pada kesempatan itu, Okto, sapaan akrab Raja Sapta, menyampaikan harapan agar PON bisa berjalan lancar, melahirkan atlet potensial dan sejumlah wasit berkualitas.

“Saya berharap semua cabang olahraga dapat mengoptimalkan fungsi PON," ucap Raja Sapta Oktohari mengawali sambutan.

"Sehingga ajang ini dapat menciptakan bibit-bibit baru olahraga, yang nanti dapat mewakili Indoensia di kancah dunia, serta meningkatkan kualitas wasit di Indonesia." 

Di sisi lain, Okto berharap perwakilan 34 provinsi yang hadir di Papua tetap dapat menjunjung tinggi sportivitas. Ia menyebut bahwa olahraga mengusung tiga hal utama, yakni excellence, friendship, dan respect.

“Saya percaya semua telah berlatih keras menyiapkan diri untuk tampil di sini, dengan tujuan meraih kemenangan. Tapi, menang dan kalah itu hal biasa di olahraga."

"Tetap harus diingat bahwa olahraga mengajarkan kita untuk mengutamakan sportivitas, bukan gengsi daerah atau kelompok semata,” pungkas Okto.

Sebagai informasi, PON Papua 2021 resmi dibuka pada Sabtu (02/10/21), dan akan bergulir hingga Jumat (15/10) mendatang.

PON Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga, yang meliputi 56 disiplin olahraga dengan 679 nomor pertandingan dan diikuti sekitar 10 ribu atlet dan ofisial dari 34 provinsi.

Lokasi pertandingan PON Papua terbagi di empat daerah, yakni Kota Jayapura (15 cabor), Kabupaten Jayapura (14 cabor), Kabupaten Mimika (9 cabor), dan juga Kabupaten Merauke (6 cabor).