Raih 13 Emas, DKI Jakarta Jadi Juara Umum Sepatu Roda PON XX Papua

Selasa, 5 Oktober 2021 04:26 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Yosef Bayu Anangga
© PB PON/Dadang Tri
Kontingen DKI Jakarta mencatatkan hasil fantastis di cabang olahraga sepatu roda Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan meraup 13 medali emas. Copyright: © PB PON/Dadang Tri
Kontingen DKI Jakarta mencatatkan hasil fantastis di cabang olahraga sepatu roda Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan meraup 13 medali emas.

INDOSPORT.COM - Kontingen DKI Jakarta mencatatkan hasil fantastis di cabang olahraga sepatu roda Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan meraup 13 medali emas, 8 medali perak dan 2 medali perunggu.

Raihan tersebut membawa mereka menjadi juara umum cabor sepatu roda PON XX Papua. Dan melampaui target mereka sebelumnya yang hanya mematok target 12 medali emas.

"Sebelumnya kita hanya menargetkan 12 medali emas saja," kata pelatih sepatu roda DKI Jakarta, Faisal Norman.

Sepatu roda menjadi cabang olahraga pertama yang menuntaskan perlombaan mereka di ajang PON XX Papua. Sebanyak 15 Provinsi (kecuali tuan rumah), sudah kembali ke daerah asal masing-masing, Senin (4/10/21) hari ini.

Pelaksanaan pertandingan PON XX, khususnya cabor sepatu roda menyisakan cerita menarik bagi salah satu atlet sepatu roda putri DKI Jakarta, Yemima Lovellya Lauretha.

Selama 2 pekan lebih berada di Kota Jayapura, Yemima sangat terkesan dengan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX. Bahkan menurutnya PON XX Papua jauh lebih baik dibandingkan dengan PON sebelumnya.

Tak hanya menilai penyelenggaraan PON XX berjalan sukses di Papua, ia juga kagum dengan alam Papua dan sambutan hangat dari masyarakat setempat.

"Menurut saya, panitia serta prosedur pelaksanaan PON XX di Papua kali ini sudah lebih baik dibanding PON XIX 2016. Saya juga mendapati warga sekitar sangat antusias dengan pelaksanaan PON XX ini, sehingga lihatnya seru dan asyik, orang-orangnya sangat ramah," kata Yemima.

Dara kelahiran Jakarta, 10 Februari 2003 itu tetap pulang dengan hati lega. Walaupun hasil yang ia dapat di PON XX kali ini tak sesuai dengan yang ia targetkan.

"Kalau puas sih belum ya, karena sebenarnya saya tidak mencapai target saya sendiri. Jadi jika ada kesempatan saya ingin mengikuti PON lagi. Tapi saya tetap bersyukur dan menyadari bahwa hasil yang sekarang ini merupakan rancangan terbaik yang Tuhan berikan buat saya," ungkapnya.

Sementara itu tuan rumah Papua berada di peringkat kedua klasemen perolehan medali cabor sepatu roda PON XX dengan raihan 8 medali emas, 2 medali perak dan 5 perunggu.

Berikut klasemen akhir perolehan medali emas cabor sepatu roda PON XX Papua:

1. DKI Jakarta: 13 emas, 8 perak, 2 perunggu

2. Papua: 8 emas, 2 perak, 5 perunggu

3. Jawa Timur: 2 emas, 3 perak, 2 perunggu

4. Kalimantan Timur: 1 emas, 4 perak

5. Aceh: 1 emas

6. Jawa Barat: 2 perak, 8 perunggu

7. Sumatera Utara: 2 perak

8. Yogyakarta: 1 perak, 2 perunggu

9. Jawa Tengah: 1 perak, 1 perunggu

10. Papua Barat: 1 perak

11. Banten: 1 perunggu

12. Maluku Utara: 1 perunggu

13. Riau: 1 perunggu

14. Sumatera Selatan: 1 perunggu

15. Jambi: -

16. Sulawesi Tengah: -