Kental dengan Filosofi China, Begini Desain Medali Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kamis, 28 Oktober 2021 13:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Didesain penuh filosofi yang mencerminkan budaya tuan rumah China, medali Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing akhirnya diluncurkan.

Seperti diketahui bahwa pada tahun lalu, Beijing telah menyelenggarakan kompetisi desain medali dan obor untuk perhelatan Olimpiade Musim Dingin 2020.

Panitia mengatakan bahwa medali dan obor harus saling terintegrasi dengan tema “teknologi dan keberlanjutan”. Desain mengandung kombinasi antara budaya Tiongkok dan teknologi.

Kini, pada Selasa (27/10/21), tepat 100 hari menjelang penyelanggaraan pesta olahraga dunia tersebut, Beijing telah meluncurkan rancangan medali yang akan diberikan kepada peserta.

Hadir dalam peluncuran desain medali, Wakil Perdana Menteri China Hang Zheng dengan didampingi juara Olimpiade Yang Yang dan Zhang Yufei.

Melansir Global Time, medali Beijing 2022 diberi nama “Tong Xing” yang berarti “bersama sebagai satu”. Desainnya memiliki lima cincin konsentris yang mewujudkan filosofi Cina tentang keharmonisan antara surga, bumi, dan manusia.

Desain medali tersebut terinsipirasi dari sepotong jadeware China yang disebut “Bi” atau piringan giok ganda dengan lubang melingkar di tengahnya.

Pada badan cincin terukir judul resmi Olimpiade bersmaa dengan pola awan dan kepingan salju lengkap dengan cincin luar yang bebas dekorasi.

“Ketika atlet memegang medali di tangan mereka, pertama-tama mereka akan menyentuh detail yang mewujudkan budaya Tiongkok kuno,”

“Kemudian jika mereka melihat lebih dekat, mereka akan melihat pola awan dan kepingan salju di bagian depan dan pola langit di sisi sebaliknya,” ucap Hang Hai selaku tim desainer masih melansir Global Time.

Sementara medali Paralimpiade Musim Dingin menggunakan desain yang sama dengan medali Olimpiade. Hanya tulisan yang terukir di bagian tengah dan logo yang disesuaikan.